Sukses

Strategi Pemerintah Dorong Pelaku UMKM Mulai Berjualan Online

Program ini akan hadir ke 70 kota di seluruh Indonesia untuk mengajak pelaku UMKM mulai beralih ke penjualan online.

Liputan6.com, Jakarta - Upaya pemerintah untuk mendorong pelaku Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM) terus digalakkan. Kali ini, pemerintah menggelar program yang bertajuk 'UMKM Jualan Online'.

Dalam program ini, kementerian yang terlibat mengajak sejumlah pelaku e-Commerce yang ada di Indonesia untuk berpartipasi. Adapun e-Commerce yang terlibat adalah Tokopedia, Lazada, Shopee, Bukalapak, Blanja.com, dan Blibli.

Menurut staf ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Lis Sutjiati pelaku UMKM digadang sebagai pahlawan ekonomi digital Indonesia. Alasannya, sebelum era digital dimulai, para pelaku UMKM sudah menjadi penopang ekonomi nasional.

"Nah, dengan dibukanya akses digital ini, membantu para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya ke lebih besar. Tak hanya pasar nasional, tapi juga pasar global yang tentunya dapat meningkatkan pendapatan," tuturnya saat peluncuran program UMKM Jualan Online di Jakarta, Selasa (24/4/2018).

Lebih lanjut ia menuturkan, program yang menggandeng e-Commerce ini diharapkan dapat membantu pelaku UMKM untuk lebih berkembang dengan sejumlah program bimbingan.

"Program ini diadakan dalam bentuk workshop dengan sekitar 376 acara dan diselenggarakan di 70 kota di Indonesia," ujarnya menjelaskan. Kehadiran program ini juga tak lepas informasi yang dirilis oleh McKinsey Global Insitute.

Berdasarkan data tersebut, nilai transaksi UMKM yang beralih ke online akan berkembang dua kali cepat.

Namun, di Indonesia sendiri baru ada 3,97 juta dari 59,9 juta UMKM yang mulai beralih online. Di sisi lain, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia makin besar dan 78 persen di antaranya bertransaksi online.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Program Serupa Hasil Kerja Bukalapak dan Kemkominfo

Sekadar informasi, program semacam ini memang terus digalakkan oleh pemerintah. Sebelumnya, juga ada Bukalapak yang bekerjasama dengan Direktorat Pemberdayaan Informatika dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo)

Kerja sama ini dilakukan untuk meningkatkan produktivitas dan pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia melalui platform digital.

Komitmen tersebut ditunjukkan dengan menggelar roadshow edukasi agar pelaku UMKM dapat berjualan secara online.

Kerjasama ini sekaligus bentuk dukungan Bukalapak kepada pemerintah, lewat program Kemenkominfo yaitu "UMKM Go Online" di seluruh wilayah Indonesia. 

Rangkaian roadshow dan edukasi ini diadakan di beberapa kota dan kabupaten mulai dari Agustus 2017 hingga Desember 2019. Kegiatan ini mengundang lebih dari 250 peserta umum. Target dari edukasi UMKM Go Online sebanyak 20 ribu UMKM. 

Mereka akan dibekali bimbingan untuk mendigitalisasi bisnis, mulai dari proses pengenalan online hingga pemasaran bisnis secara online.

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan mendapatkan kesempatan bergabung bersama Bukalapak dan menjadi pelapak serta anggota komunitas Bukalapak.

3 dari 3 halaman

Ajak UKM Jualan Online, Lazada Bidik 28 Kota Tahun Ini

Tak hanya Bukalapak, Lazada juga memiliki program serupa. Awal tahun ini, Head of Sales Engagement Adi Putra mengatakan pihaknya akan meneruskan program edukasi seller bertajuk Lazada #UpgradeUKM Roadshow di sejumlah kota.

"Tahun lalu, kami roadshow di 11 kota. Tahun ini kami akan bidik 28 kota, dengan 18 kota baru dan 11 kota yang sudah dikunjungi sebelumnya," tuturnya pada Rabu (17/1/2018).

Tujuan roadshow ini tak lain adalah mengajak dan mengedukasi UKM untuk pindah berjualan dari offline ke online. "Masih banyak sekali UKM di Indonesia apalagi di daerah. Kami akan datangi mereka," kata Adi.

Ia menjelaskan ada dua program edukasi pada roadshow kali ini. Pertama, program "Kenal Lazada" yang akan hadir di 18 kota baru. Program ini diperuntukkan bagi UKM yang belum mengenal berjualan online.

Sementara, program kedua adalah "Kelas Lazada" yang akan hadir di 11 kota yang pernah dikunjungi Lazada. Program ini diperuntukkan bagi UKM yang sudah pernah dikunjungi Lazada di 2017.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.