Sukses

Apple Usulkan Emoji yang Tampilkan Kehidupan Difabel

Liputan6.com, Jakarta - Harus diakui, emoji sudah menjadi salah satu cara baru dalam berkomunikasi di era sekarang ini. Karena itu, setiap tahun, sejumlah perusahaan selalu mengusulkan emoji anyar untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Terbaru, Apple dilaporkan mengusulkan ide untuk emoji yang menggambarkan pengalaman penyandang disabilitas. Hal ini diketahui dari unggahan di blog Emojipedia.

Dikutip dari BBC, Senin (26/3/2018), perusahaan yang berbasis di Cupertino itu menuturkan saat ini masih sangat sedikit pilihan emoji yang menampikan pengalaman hidup para difabel.

"Menambahkan emoji yang melambangkan pengalaman hidup pengguna membantu menumbuhkan budaya beragam yang inklusif terhadap penyandang disabilitas," tulis Apple.

Apple sendiri sudah mendaftarkan proposal emoji ini pada Unicode Consortium, organisasi yang mengulas permintaan untuk karakter emoji baru. Jika disetujui, emoji ini dapat mulai digunakan tahun depan.

Beberapa emoji yang disarankan Apple dalam proposal ini adalah anjing pelayan yang biasanya digunakan untuk membantu sejumlah penyandang disabilitas, lengan prostetik, hingga telinga dengan alat bantu dengar.

Meski tak melambangkan seluruh disabilitas yang ada, Apple menyebut hal ini tetap penting sebagai permulaan untuk menampilkan keragaman dalam dunia emoji.

2 dari 3 halaman

Ini Emoji Baru Apple yang Ada di iOS 11.1

Bersamaan dengan iOS 11.1, Apple sendiri baru saja merilis sejumlah emoji anyar. Karakter emoji tersebut merupakan bagian dari Unicode 10, dengan tambahan 56 emoji baru. Di antara ke-56 emoji baru, jumlah yang dipamerkan Apple sekitar 30 emoji.

Emoji terbaru yang akan ada pada iOS 11.1 ini di antaranya ada karakter binatang seperti jerapah, zebra, landak, Brachiosaurus--jenis dinosaurus--dan belalang.

Ada juga karakter emoji yang menggambarkan musim gugur, seperti sebuah topi warna biru, syal, sarung tangan, dan sebuah mantel. Karakter emoji lain yang juga hadir adalah jajanan pecinan, brokoli, dan sebuah kue pai.

3 dari 3 halaman

Warna Kulit

Selain itu, ada juga karakter emoji wajah dengan berbagai warna kulit. Apple juga menyempurnakan dengan emoji lambang hati dengan warna oranye yang sebelumnya belum ada sehingga melengkapi emoji serupa warna pelangi.

Emoji lain yang ada adalah karakter dongeng seperti penyihir, peri, drakula, dan putri duyung. Apple juga menghadirkan penambahan emoji lainnya seperti emoticon muka yang lebih ekspresif misalnya wajah dengan lidah terjulur, ssst, dan marah-marah.

Emoji berikutnya yang dipamerkan adalah olahraga panjat tebing hingga wanita sedang spa. Emoji terakhir yang dipamerkan Apple adalah jari tangan yang membentuk simbol metal, tapi sebenarnya tanda tersebut berarti "I love you" dalam bahasa isyarat Amerika.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Detik-Detik Bocah Hampir Jatuh dari Kereta Gantung
Loading
Artikel Selanjutnya
Apple Bakal Jual Penerus iPhone X Lebih Murah
Artikel Selanjutnya
Ada Bug, Siri Tetap Bisa Baca Pesan Pengguna Saat iPhone Terkunci