Sukses

Sebelum Ada Facebook, 5 Medsos Ini Pernah Tenar di Era 2000-an

Liputan6.com, Jakarta - Waktu memiliki peran yang penting dalam perkembangan teknologi di berbagai negara. Sejalannya waktu, perilaku dan minat pengguna perangkat teknologi pun ikutan berubah.

Salah satu yang mengalami perubahan besar-besaran adalah teknologi internet. Alhasil, banyak remaja di berbagai belahan dunia yang 'tersihir' dengan internet.

Salah satu turunan teknologi internet adalah media sosial.

Meski angka penggunanya tak semasif seperti saat ini, minat remaja era 2000-an yang ingin terhubung dengan pengguna lainnya ini melahirkan berbagai platform media sosial.

Kali ini, Tekno Liputan6.com ingin mengajak kamu bernostalgia dengan sejumlah platform media sosial yang sempat tenar di kalangan anak-anak muda di era 2000-an.

Tanpa panjang lebarm berikut ini adalah daftar lengkapnya.

1. MySpace

MySpace. (Doc: The Drum)

Sebelum Facebook dan Twitter tenar seperti saat ini, MySpace adalah salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan oleh remaja era 90an.

Biasanya, media sosial ini digunakan untuk melakukan berbagai macam jajak pendapat, posting informasi di buletin, forum diskusi tentang hobi, dan masih banyak lagi.

 

1 dari 3 halaman

2. Friendster

Friendster (Mashable.com)

Masih ingat dengan media sosial yang berbasis di Kuala Lumpur, Malaysia ini?

Dikembangkan oleh programer asal Kanada, Jonathan Abrams, Friendster menjadi tempat dimana banyak remaja bertemu dan jatuh hati dengan lawan jenisnya.

Tak hanya itu, ini merupakan media sosial pertama (diikuti Facebook) yang menghadirkan layanan bermain gim di dalamnya.

3. MSN

MSN Messenger. (Doc: The Verge)

Ingat dengan layanan MSN messenger? Situs ini banyak digunakan oleh anak-anak 90 hingga 2000-an untuk terhubung dengan teman-teman di ruang chat.

Di sini, mereka dapat berinteraksi dengan bebas layaknya di aplikasi olah pesan saat ini atau pun di Facebook Messenger.

Situs sosial ini selalu muncul pertama setiap kali PC dinyalakan, dan mengharuskan pengguna untuk login setiap kali akan menggunakannya.

2 dari 3 halaman

4. Yahoo Messenger

Yahoo menutup versi aplikasi lama Yahoo Messenger, dan menggantinya dengan yang terbaru.

Sebelum ada Facebook Messenger, WhatsApp, LINE, dan Telegram, anak-anak tahun 2000-an mengenal situs sosial paling banyak digunakan kala itu, yakin Yahoo Messenger.

Seperti MSN messenger, di YM! penguna dapat berinteraksi dengan orang-orang di berbagai negara di dunia.

YM! juga merupakan salah satu layanan yang menghadirkan berbagai macam pilihan emoji yang seru, kemampuan melakukan panggilan telepon, dan masih banyak lagi.

5. Orkut

Orkut. (Doc: The Inn News)

Pegawai Google, Orkut Büyükkökten merilisnya pada 2003. Orkut adalah nama sosok perancang website ini yang merupakan seorang ahli software.

Reporter: Ahada Ramadhana

Sumber: Brilio.net

(Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Jangan Coba-coba Tipu Generasi Milenial
Artikel Selanjutnya
6 Langkah Antisipasi Facebook Setop Kebocoran Data