Sukses

Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Dilelang, Berapa Harganya?

Liputan6.com, Jakarta - Kesuksesan memang tidak datang secara tiba-tiba. Hal ini juga berlaku pada pendiri perusahaan teknologi terkemuka Amerika Serikat Apple, Steve Jobs.

Tahukah kamu, tiga tahun sebelum mendirikan Apple, yakni tahun 1973, Jobs sempat membuat surat lamaran kerja. Hal ini dilakukannya setelah dia drop out dari Reed College.

Mengutip laman Independent, Rabu (14/3/2018), saat itu Steve Jobs masih berusia 18 tahun dan dia membutuhkan kendaraan. Dalam surat lamaran kerja tersebut, Jobs menyebut dia aksesnya ke transportasi hanyalah memungkinan.

Kini, surat lamaran kerja mantan CEO Apple itu bakal dilelang di rumah lelang RRAuction. Pantauan Tekno Liputan6.com di laman RRAuction, surat lamaran kerja bertanda tangan Jobs itu dilelang pada harga mulai dari US$ 50 ribu atau setara Rp 687 jutaan.

Sementara, saat ini, para penawar telah menawar surat lamaran kerja Steve Jobs itu dengan harga yang lebih tinggi, yakni US$ 55 ribu (setara Rp 756 jutaan).

Steve Jobs memamerkan G4 Powerbook pada tahun 2001. Foto diambil pada Januari 2001 saat pameran MacWorld Expo di  San Francisco,California (AFP PHOTO/John G. MABANGLO)

1 dari 3 halaman

Apa Keahlian yang Jobs Tulis di Surat Lamaran Kerja?

Dalam surat lamaran kerja itu, Jobs menuliskan komputer dan kalkulator sebagai bagian dari keahlian yang dimilikinya. Dia juga memiliki kemampuan dan ketertarikan di bidang teknologi elektronika dan engineer desain.

Pria yang bisa dibilang sebagai pencipta iPhone ini bahkan tak memiliki sebuah telepon pada tahun tersebut.

Hanya dalam tiga tahun usai Jobs membuat surat lamaran kerja tersebut, dirinya bersama dengan Steve Wozniak mendirikan Apple dan merilis produk pertamanya, yakni sebuah komputer Apple I. Hebatnya, komputer Apple I itu terbilang sukses di zamannya.

2 dari 3 halaman

Komputer Apple 1 Hingga iPhone

Setelah Apple I, Jobs dan Wozniak menghadirkan versi kedua dari komputer Apple, yakni Apple II yang kemudian mengantarkannya pada Macintosh OS.

Beberapa dekade kemudian, Jobs menghadirkan iPhone, smartphone dengan layar sentuh, padahal saat itu dunia sedang heboh dengan perangkat BlackBerry yang memiliki keyboard fisik.

Sebelum mendirikan Apple, ternyata Jobs juga pernah bepergian ke India. Jobs juga pernah menghabiskan waktu beberapa lama di sebuah lingkungan di negara bagian Oregon Amerika Serikat.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Selamat Ulang Tahun Steve Jobs, Ini 5 Nasihatnya Bagi Para Pemuda
Artikel Selanjutnya
Surat Lamaran Steve Jobs Dilelang, Perkiraan Harga Tembus Rp 682 Juta