Sukses

Mi Max 3 Hadir Tanpa Bezel, Pemindai Iris, dan Pengisian Daya Nirkabel?

Liputan6.com, Jakarta - Banyak rumor beredar mengenai flagship smartphone Xiaomi Mi MIX 2s dan Mi 7 melalui file firmware di XDA Developer.

Lagi-lagi, file firmware yang ada di XDA Developer mengungkap bocoran mengenai perangkat lainnya, yakni Xiaomi Mi Max 3. Mi Max 3 merupakan phablet kelas menengah Xiaomi yang generasi ketiga.

Sebelumnya, Mi Max hadir dengan kapasitas baterai 4.850mAh, lalu Mi Max 2 hadir dengan baterai lebih besar, yakni 5.300mAh.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Gizmochina, Jumat (23/2/2018), Mi Max 3 dikabarkan mengusung kapasitas baterai terbesar di antara ketiganya, yakni 5.500mAh.

Tidak hanya itu, menurut file firmware, kinerja Mi Max 3 kabarnya diperkuat dengan prosesor Snapdragon 660. Kendati begitu ada kemungkinan Mi Max 3 dibekali prosesor Snapdragon 630. Sebelumnya Mi Max dan Mi Max 2 masing-masing dibekali prosesor Snapdragon 650 dan Snapdragon 652.

Rumor dari sumber yang sama juga mengatakan, layar Mi Max 3 memiliki rasio aspek 18:9. Sayangnya belum ada informasi jelas mengenai resolusi dan luas layar smartphone ini. Namun begitu, diperkirakan Mi Max 3 mengusung layar FHD+ dengan pemindai scanner di layar depan.

2 dari 3 halaman

Dukungan Pengisian Daya Nirkabel

Tidak hanya itu, file firmware tersebut juga mengungkap Mi Max 3 akan dibekali pengisian daya nirkabel.

Hal ini terlihat dari sejumlah strings di APK MiUI yang menyebutkan teks "wireless charging has stopped", "position offset", dan "please reposition".

Sebelumnya, pada tahun lalu Xiaomi telah bergabung dengan Wireless Power Consortium, hal ini mengindikasikan beberapa smartphone dari perusahaan yang akan dirilis tahun ini akan didukung pengisian daya nirkabel Qi.

Smartphone Xiaomi pertama yang diduga hadir dengan pengisian daya nirkabel adalah Mi 7 dan selanjutnya adalah Mi Max 3.

3 dari 3 halaman

Soal Kamera Mi Max 3

Mengutip informasi dari sumber yang sama, Mi Max 3 kabarnya dibekali modul kamera Sony IMX363 atau S5K217+S5K5E8 dari Samsung.

Beda lagi dengan kamera depan Mi max yang kabarnya didukung sensor S6K4H7 dari Samsung dan iris scanner OmniVision OV2281. Kemungkinan perusahaan Tiongkok itu belum memutuskan bakal menambahkan fitur ini di Mi Max 3.

File firmware juga mengindikasikan perangkat Mi Max 3 akan menjalankan OS Android Oreo 8.1 dengan ROM developer. Bisa jadi juga, Mi Max 3 akan dibekali OS Android Nougat dan antarmuka MiUI 9.

Beberapa fitur yang akan hadir pada Mi Max 3 antara lain adalah dukungan dual-SIM, slot kartu microSD, IR blaster, lampu LED untuk notifikasi, serta aptX dan aptX HD Bluetooth audio codex dari Qualcomm. Mi Max 3 juga kemungkinan didukung dual speaker.

Sayangnya, smartphone ini tak bakal mendapatkan dukungan fitur NFC. Sejauh ini belum diketahui kapan Xiaomi akan meluncurkan Mi Max 3, namun berdasarkan jadwal perangkat Mi Max yang sebelumnya, kemungkinan Mi Max 3 akan diperkenalkan Mei 2018.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Beredar Bocoran Lengkap Xiaomi Mi 7, Pakai Layar OLED dan Fitur Always on Display?
Artikel Selanjutnya
Diuji, Smartphone Gaming Xiaomi Taklukkan Galaxy S9?