Sukses

Ini Smartphone Asal Tiongkok yang Kuasai Pasar Indonesia

Riset IDC pada kuartal pertama 2017 mencatat Oppo dan Vivo sebagai merek asal Tiongkok yang menguasai pasar smartphone di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Hasil riset terbaru International Data Center (IDC) menyebutkan produk besutan vendor Tiongkok mulai merajai pasar smartphone Indonesia. Smartphone Tiongkok menguasai 31 persen pangsa pada kuartal I 2017, naik 34 persen dari periode sama 2016.

Bicara soal itu, siapa vendor Tiongkok yang menguasai pasar smartphone di Tanah Air?
Dari semua produk Tiongkok yang ada di Indonesia, Oppo dan Vivo adalah merek paling populer di Indonesia.

Associate Market Analyst IDC Indonesia, Risky Febrian menyebutkan kedua merek tersebut meraih popularitas di Indonesia berkat strategi penjualan yang agresif dan pemakaian brand ambassador untuk pemasaranya.

"Mereka mampu bersaing dengan inisiatif pemasaran, insentif menarik, dan margin lebih besar untuk channel partner. Mereka juga meningkatkan layanan purna jual untuk memperbaiki stigma negatif smartphone Tiongkok," ungkapnya.

Menurutnya, hal tersebut justru menetapkan standar baru antara beberapa vendor global dan vendor lokal sehingga mereka berupaya menambah kegiatan pemasaran untuk menyesuaikan standar persaingan baru.

Berikut lima besar vendor smartphone, baik global, Tiongkok, maupun lokal, yang menguasai pasar Indonesia: (1) Samsung, (2) Oppo, (3) Asus, (4) Advan, dan (5) Lenovo (termasuk Motorola).

IDC mencatat vendor Tiongkok meraup 31 persen pangsa pasar, sedangkan vendor global meraup 47 persen pangsa di Indonesia pada kuartal pertama tahun ini.

(Cas/Why)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.