Sukses

Apple Siapkan Pemindai Sidik Jari di Layar iPhone?

Liputan6.com, Jakarta - Apple dilaporkan telah mendapatkan paten untuk teknologi baru. Kali ini, perusahaan yang berbasis di Cupertino itu mendapat paten teknologi yang memungkinkan keseluruhan layar iPhone dapat menjadi pemindai sidik jari.

Berdasarkan informasi dari paten yang diajukan, Apple menggunakan beberapa lapisan layar untuk memungkinkan teknologi ini berfungsi. Dikutip dari Techno Buffalo, Kamis (2/3/2017), salah satu lapisan layar tersebut yang akan berfungsi untuk membaca sidik jari.

Informasi ini seakan menguatkan isu  yang sempat beredar, mengenai rencana Apple menghilangkan tombol fisik Home. Kendati kabar itu telah tersebar sebelum iPhone 7 dirilis, keberhasilan Apple mendapatkan paten atas teknologi ini kian mendukung kemungkinan tersebut.

Namun, belum dapat dipastikan kapan Apple akan mulai menerapkan teknologi ini pada iPhone. Di samping itu, karena ini masih sebatas paten, tak tertutup kemungkinan akan ada pengembangan atau perubahan yang dilakukan perusahaan.

Sebagai informasi, Apple bukanlah perusahaan pertama yang berhasil menerapkan teknologi pemindai sidik jari di layar sentuh. Sebelumnya, perusahaan asal Korea Selatan bernama CrucialTech mengungkap telah berhasil mengembangkan teknologi serupa.

Solusi pemindai sidik jari bernama Display Fingerprints Solution atau DFS itu disebut telah menerima respon positif dari sejumlah perusahaan lain. Bahkan, teknologi tersebut siap dipasok untuk vendor smartphone mulai tahun ini.

Meskipun anyar, perusahaan asal Korea Selatan itu memastikan sensor pada pemindai sidik jari itu cukup sensitif untuk mendeteksi sentuhan sehelai rambut. CrucialTech menyebut juga akan terus melakukan pengembangan, sehingga memungkinkan pemindaian dilakukan di seluruh bagian layar.

(Dam/Cas)

Soulvibe 'Adu Gombal' di KLY Lounge

Tutup Video