Sukses

Apple Watch Dominasi Pengapalan Smartwatch 2016

Canalys mengungkapkan bahwa pengapalan Apple Watch sepanjang tahun lalu mencapai 11,9 juta unit.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan analisis Canalys merilis laporan mengenai pasar smartwatch global. Dari data itu diketahui bahwa Apple Watch berhasil memimpin pasar.

Dilansir Phone Arena, Kamis (9/2/2017), Canalys mengungkapkan bahwa pengapalan Apple Watch sepanjang tahun lalu mencapai 11,9 juta unit. Berkat jumlah tersebut, Apple menempati urutan pertama dengan menguasai 49 persen pangsa pasar smartwatch.

Apple Watch Series 1 yang dijual dengan harga lebih murah dibandingkan seri lain, disebut sebagai faktor pendorong tingginya pangsa pasar produk tersebut.

"Terlepas dari perbaikan hardware dan software model-model baru, penyebab utama keberhasilan Apple adalah pemasaran yang efisien dan harga yang selaras. Hal ini yang membuat perusahaan bisa menjangkau banyak konsumen," ungkap analis Canalys, Jason Low.

Posisi kedua ditempati Fitbit dengan 17 persen pangsa pasar, dan posisi ketiga oleh Samsung dengan 15 persen pangsa pasar. Sisanya adalah gabungan vendor smartwatch lain dengan 19 persen pangsa pasar.

Namun Apple diperkirakan akan menghadapi persaingan yang lebih sengit dengan kehadiran sistem operasi (OS) Android Wear 2.0 pada pekan ini.

Pasalnya, jumlah pengapalan smartwatch berbasis Android Wear diperkirakan akan kembali menguat secara signifikan karena sejumlah produk baru yang ditunda peluncurannya mengikuti keterlambatan Android Wear 2.0, akan segera meluncur.

(Din/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini