Sukses

Adobe Ciptakan 'Siri' untuk Photoshop, Edit Foto Bisa Pakai Suara

Sayangnya, fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan jauh dari kata rampung.

Liputan6.com, California - Adobe, perusahaan di balik software photo editing Photoshop, dilaporkan tengah menggarap fitur mutakhir yang diklaim dapat memudahkan aktivitas pengguna ketika meng-edit foto.

Fitur tersebut nantinya akan membuat pengguna bisa meng-edit foto hanya lewat instruksi suara. Meski begitu, tampaknya fitur ini masih jauh dari kata rampung.

Nantinya, fitur ini akan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence) yang bisa menerjemahkan suara menjadi instruksi untuk edit foto. Dengan begitu, kombinasi tombol meng-edit foto kelak tak lagi diperlukan.

Sebagaimana dilansir laman The Verge, Senin (16/1/2017), Adobe ingin membuat pemakaian fitur ini semudah orang-orang menggunakan Siri, asisten virtual besutan Apple.

Jadi bayangkan, saat pengguna ingin crop atau sekadar mengatur tingkat eksposur atau kontras di foto, mereka hanya perlu mengucapkan instruksi saja.

Proses penggarapan fitur ini tengah dikerjakan oleh Adobe Research, yaitu divisi yang meneliti dan mengembangkan teknologi terbaru Adobe. Mereka bahkan telah mengumbar teaser di mana fitur ini bisa digunakan.

Dalam video teaser tersebut, tampak seorang pria tengah menekan ikon mikrofon di dalam aplikasi Photoshop, lalu ia memerintahkan asisten virtual untuk membalik perspektif foto. Dalam sekejap, perspektif foto yang di-edit seketika langsung berubah.

Ini baru secuil fitur yang diumumkan Adobe. Bisa jadi, asisten virtual ini akan berperan lebih banyak lagi saat meng-edit foto di Photoshop, seperti mengatur saturasi warna, menambah layer foto, memberikan efek dan masih banyak lagi.

Jika kamu penasaran seperti apa fitur yang hendak diperlihatkan Adobe, bisa langsung lihat pada video di bawah ini.

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini