Sukses

Sharp Capai Produksi 20 Juta Unit TV di Indonesia

Sejak 1971 sampai September 2016, Sharp sudah memproduksi sebanyak 20 juta unit TV di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - PT. Sharp Electronics Indonesia (Sharp) kembali memiliki pencapaian baru. Sejak 1971 sampai September 2016, Sharp sudah memproduksi 20 juta TV di Indonesia.

Sepak terjang Sharp di Indonesia kian meraksasa berkat pabrik baru yang dibuka pada Februari 2016 di Karawang, Jawa Barat.

"Sharp membuka pabrik TV baru di Karawang pada tahun ini. Sebagai bentuk pencapaian produksi ini, sampai kini Sharp telah mencapai produksi sebanyak 20 juta unit TV di Indonesia," kata VP Director Sharp Electronics Indonesia, Shigeo Noma, saat ditemui di kawasan Jakarta, Rabu (5/10/2016).

Perjalanan Sharp di Indonesia sendiri tidak berjalan dengan mulus. Salah satunya tetap menjalankan operasional bisnisnya di tengah krisis moneter, meski banyak kompetitor memutuskan menutup usaha mereka.

Ketika ekonomi kembali pulih, strategi tersebut pada akhirnya melahirkan keberuntungan. Pilihan konsumen saat itu tidak banyak dan Sharp adalah salah satu dari sedikit merek TV yang menyuplai produk ke pasar.

Sharp sendiri memulai bisnisnya di Indonesia pada 1971 dengan memproduksi TV hitam putih di wilayah Pulogadung, Jakarta. Kemudian dilanjutkan dengan mulai memproduksi TV berwarna pada 1975, bersamaan dengan mulainya TVRI memancarkan siaran berwarna di Tanah Air.

Seiring dengan perkembangan perekonomian Indonesia, produk CRT TV Sharp mulai menguasai pasar nasional dan permintaannya cukup tinggi pada masa itu. Sharp mencatat sejarah baru pada 2001 di Indonesia yaitu berhasil memproduksi tiga juta unit TV.

Setiap tahun pun jumlahnya kian bertambah, hingga per 28 September 2016, Sharp membukukan produksi TV sebanyak 20 juta unit.

"Ini merupakan pencapaian yang luar biasa. Dalam kurun waktu 45 tahun, Sharp mampu memproduksi 20 juta unit TV," ungkap Shigeo.

Selama puluhan tahun berkecimpung dalam industri TV di Indonesia, Sharp telah melahirkan banyak varian produk. Salah satu yang sukses adalah Alexander the Series.

(Din/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.