Sukses

5 Cara Ekstrem Menghemat Paket Data Internet di Android

Kamu merasa terlalu boros menggunakan kuota data internet pada Android? Sejumlah tips ini mungkin bisa membantu kamu berhemat.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kamu adalah orang yang selalu boros dalam menggunakan kuota data internet pada Android?

Tentunya hal tersebut sangat mengesalkan, apalagi jika uang yang kamu keluarkan untuk membeli kuota data sifatnya terbatas.

Meski begitu, ada beberapa cara ekstrem yang bisa dilakukan agar kamu dapat menghemat penggunaan kuota data pada Android.

Berikut ini lima tips untuk hemat kuota data internet kamu di perangkat Android. 

1. Batasi Background Data

Salah satu cara yang paling mudah untuk menghemat kuota data pada Android adalah dengan membatasi background data.

Apa itu background data? Background data dapat diartikan sebagai seluruh trafik internet yang berjalan meski kamu tak menggunakan aplikasi. Misalnya saja sinkronisasi email, pembaruan feed, pembaruan widget cuaca, dan lain-lain.

Membatasi background data pada Android (Sumber: Android Pit)Untuk membatasi background data, caranya adalah dengan masuk ke Setting > Data Usage > Restrict Background Data.

Kemudian kamu juga bisa membatasi background data untuk tiap aplikasi. Caranya dengan masuk ke Setting > Apps (pilih aplikasi) dan batasi background data-nya.

Google pun bisa dibatasi background datanya. Hal ini akan membuat sinkronisasi akun Google dengan ponsel terhenti, sekaligus bisa menghemat penggunaan kuota data. Caranya dengan masuk ke Setting > Accounts > Google > pilih akun Google yang akan dibatasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nonaktifkan Auto Update Aplikasi

2. Nonaktifkan Auto Update Aplikasi

Hal lain yang membuat kuota data begitu cepat terkuras adalah fitur auto update aplikasi pada Google Play Store.

Untuk memastikannya, cek pada Setting Google Play Store kamu. Jika kamu menerapkan auto update untuk aplikasi menggunakan koneksi data pastinya hal ini membuat kuota bakal boros.

Oleh karena itu, pastikan kamu memilih auto update aplikasi pada Google Play Store menggunakan jaringan internet WiFi.

Atur auto update dengan menggunakan jaringan Wi-Fi (Sumber: Android Pit)
Caranya, masuk ke Google Play Store, pilih Setting, kemudian masuk ke pilihan paling atas, yakni Auto Update Apps. Pastikan kamu memilih Auto-update apps over Wi-Fi only.

3. Simpan Banyak Musik di Android, Jangan Gunakan Aplikasi Music Streaming

Aplikasi music streaming seperti Spotify atau Joox rupanya menguras begitu banyak kuota data, sama dengan saat kamu memutar video livestreaming pada aplikasi YouTube dan semacamnya.

Untuk itu, lebih baik kamu menambah ruang penyimpanan internal untuk menyimpan banyak lagu dibanding mengandalkan aplikasi music atau video streaming.

Spotify masuk Indonesia (Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat)

3 dari 3 halaman

Identifikasi Aplikasi Boros Baterai

4. Identifikasi Aplikasi yang Mengkonsumsi Kuota Data

Kebanyakan aplikasi di Android merupakan aplikasi yang harus terhubung dengan koneksi internet. Hal ini juga termasuk salah satu hal yang membuat pemakaian kuota data menjadi boros.

Untuk membatasinya, ada baiknya kamu mengidentifikasi aplikasi-aplikasi yang memiliki konsumsi banyak kuota data. Bagaimana menentukan bahwa aplikasi di smartphone mengkonsumsi banyak kuota?

Caranya buka Setting kemudian pilih Data Usage. Di sana kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang mengonsumsi paling banyak kuota.

Pada ponsel saya, terlihat bahwa aplikasi VIU yang menghabiskan data 1,59GB, Chrome sebanyak 1,12GB, WhatsApp sebanyak 640MB, dan Instagram sebanyak 487MB.


Mengecek aplikasi dengan konsumsi data terbanyak (Sumber: Screenshoot)Untuk menghemat kuota, kamu bisa saja meng-unistall aplikasi-aplikasi yang tak begitu dibutuhkan, misalnya aplikasi VIU yang menghabiskan begitu banyak kuota data saya.

5. Gunakan Wi-Fi

Alih-alih menggunakan kuota data dari operator, kamu bisa memangkas penggunaan kuota data dengan menggunakan koneksi internet Wi-Fi.

Buanglah sampah pada tempatnya dan dapatkan akses wifi gratis. Asyik!
Biasanya hal ini dapat dilakukan ketika kamu berada di tempat-tempat umum seperti di kantor, coffee shop, atau pusat perbelanjaan. Dengan menggunakan Wi-Fi, otomatis kuota data kamu jadi lebih hemat.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini