Sukses

Aplikasi Video Call Google Duo Resmi Hadir di Indonesia

Google Duo akhirnya resmi menyambangi Indonesia pada hari ini, apa saja keunggulannya?

Liputan6.com, Jakarta - Google Duo akhirnya resmi menyambangi Indonesia. Aplikasi video call tersebut sudah bisa dinikmati di perangkat iOS dan Android. Bagi Anda yang kurang familiar dengan Duo, aplikasi ini menawarkan fitur video call yang ringan dan stabil, bahkan bisa dilakukan lintas OS (iOS dan Android).

Kehadiran Google Duo di Indonesia tentu disertai alasan. Seperti disampaikan pihak Google Indonesia kepada Tekno Liputan6.com pada Selasa (16/8/2016), berdasarkan data dari Google YouGov survey pada Juli 2016, 19% netizen yang berusia 18 tahun ke atas di Indonesia gemar melakukan video call dari smartphone mereka setiap harinya.

Hanya saja, 81% di antaranya mengungkap bahwa koneksi internet tidak stabil, sementara 25% mengaku pengalaman video call belum maksimal saat dilakukan dari perangkat yang berbeda.

Lalu, apa bedanya Google Duo dengan aplikasi video call yang sudah biasa digunakan? Pertama, Google Duo dirancang untuk memberikan kemudahan, hanya dengan mendaftarkan nomor telepon, kamu bisa menghubungi orang-orang di daftar kontak.

Jadi, kamu tak perlu membuat akun terpisah. Tinggal sign up, mulai telepon untuk membuka video callYang kedua, Duo diklaim memiliki koneksi yang cepat dan praktis meski berjalan dengan koneksi jaringan yang lambat.

"Kualitas panggilan akan mengikuti perubahan jaringan, dan saat bandwidth terbatas, Duo akan secara otomatis mengurangi resolusi gambar agar panggilan tetap mulus. Duo juga bisa secara otomatis beralih dari Wi-Fi ke jaringan ponsel (dan sebaliknya) tanpa memutus panggilan," tulis pihak Google Indonesia.

Tak sampai di situ, Duo hadir dengan desain yang 'ramah' dan begitu efisien. Kamu dapat memanfaatkan fitur 'KnockKnock' yang membuatmu melihat penelepon sebelum dapat menjawab panggilan.

Selain itu, Google merancang Duo dengan penekanan pada privasi dan keamanan, sehingga semua panggilan di aplikasi Duo dienkripsi dari awal hingga akhir (end-to-endencrypted).

“Video call adalah pengalaman berkomunikasi paling mirip dengan bertatap muka, tapi pengalaman ini kadang masih membuat frustasi dan rumit. Dengan Duo, kami harap Anda tak perlu lagi khawatir apakah panggilan Anda akan tersambung, atau apakah kerabat Anda menggunakan jenis perangkat yang sama dengan Anda. Anda bisa selalu berbagi momen penting dengan orang terdekat, di manapun Anda berada,” tutur JustinUberti, Principal Software Engineer Google Duo.

Jika kamu penasaran dengan Google Duo, kamu bisa mengunduhnya secara cuma-cuma di Android dan iOS mulai hari ini.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.