Sukses

Targetkan SDM TIK Andal pada 2020, CTI Gandeng Telkom University

CTI, penyedia solusi dan layanan infrastruktur TIK, menjalin kemitraan dengan Telkom University.

Liputan6.com, Bandung - PT Computrade Technology International (CTI), penyedia solusi dan layanan infrastruktur teknologi informasi komunikasi (TIK) asal Indonesia dengan cabang di Malaysia dan Filipina, menjalin kemitraan dengan Telkom University.

Kemitraan ini dilakukan melalui kesepakatan kerja sama (Letter of Intent/LoI) guna lebih meningkatkan pendidikan TIK melalui pemberian bantuan sejumlah perangkat, kesempatan magang mahasiswa, serta materi kuliah sesuai kebutuhan kampus.

Bantuan yang diberikan meliputi server, switch, wireless access point, advance management module, I/O expansion card, dan cooling module. Seluruh perangkat tersebut nantinya akan digunakan mahasiswa D3 Teknik Informatika untuk kebutuhan praktikum, selain untuk keperluan penelitian oleh para dosen program studi terkait.

Ronny Christian, General Manager Corporate Competency Development, CTI Group mengatakan pada 2020 perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia akan kesulitan memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang sesuai kualifikasi pendidikan tinggi di Indonesia karena kurangnya skill dan pelatihan yang diterima selama kuliah.

Menurut Ronny, Telkom University sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi di bidang TIK memiliki tanggung jawab besar melengkapi materi perkuliahan dengan berbagai pelatihan praktis guna meningkatkan kualitas lulusan.

"LoI dan bantuan perangkat ini guna meningkatkan materi pendidikan, khususnya mata kuliah Jaringan Komputer dan Pemrograman bagi mahasiswa D3 Teknik Informatika. Kerja sama ini juga diharapkan dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk menambah wawasan, pengetahuan, dan pengalaman sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja," tutur Ronny kepada Tekno Liputan6.com.

CTI Group yang berdiri sejak 2003, selain memiliki cabang di Malaysia dan Filipina, juga memiliki anak perusahaan terkait seperti PT Virtus Technology Indonesia, PT Blue Power Technology, PT Central Data Technology, PT Helios Informatika, dan PT XDC Indonesia. Di pasar ritel perangkat, mereka memiliki jaringan penjualan bernama Paradise Store.

Ama Suyanto, Wakil Rektor III Bidang Admisi & Kerja Sama Telkom University, mengungkapkan kerja sama ini akan sangat membantu mahasiswa mempraktikkan teori yang diperoleh di dalam kelas.

"Terutama melalui laboratorium yang telah dilengkapi perangkat TIK bantuan CTI Group. Ini langkah penting dalam meningkatkan skill, apalagi CTI Group juga berkomitmen menerima mahasiswa kami melakukan praktek kerja lapangan," ujar Ama. 

(Msu/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini