Sukses

Foto Menakjubkan Perenang Olimpiade Lewat Bidikan Robot Kamera

Fotografer Getty Images mengabadikan foto-foto bawah air saat Olimpiade dengan menggunakan robot kamera 360.

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Banyak momen seru terjadi saat pesta olahraga dunia, Olimpiade 2016 berlangsung di Rio de Janeiro, Brasil.

Beberapa momen ini, salah satunya, tak luput dari bidikan fotografer Getty Images, Al Bello dan rekannya. Seperti dilaporkan CNN, Minggu (14/8/2016), ia mengabadikan foto-foto indah bawah air saat pertandingan cabang renang. 

Menariknya, ia menggunakan robot kamera yang diletakkan di dasar kolam dan dapat berputar dengan sudut 360 derajat. 

Menurut Bello, robot kamera sangat membantunya untuk mendapat hasil foto memuaskan dari berbagai sudut.

"Dulu, kami pakai kamera bawah air statis yang dikendalikan dengan remote. Kami harus mengatur seperti apa foto yang ingin diambil. Waktu terbatas sehingga kami hanya bisa menebak kapan perenang akan berada tepat di frame kamera," ujar Bello.

Meski mengandalkan robot kamera, tak berarti foto-foto ini dapat mudah diambil.

Jika perhitungan penempatan kamera meleset sedikit saja, akan ada bagian foto perenang yang terpotong. Para fotografer pun tak diperbolehkan untuk masuk ke air selama perlombaan berlangsung.

Salah satu momen menajubkan yang berhasil diabadikan kamera robot milik Getty Images saat perlombaan kategori renang. (Doc: Getty Images)
Dengan 'jatah' dua sesi setiap harinya, para fotografer harap-harap cemas apakah dapat menghasilkan bidikan sesuai keinginan. Pasalnya, ada sekitar 8-10 fotografer dari media lain yang menggunakan kamera bawah air. Setiap perusahaan hanya diperbolehkan memasang satu kamera di kolam renang.

"Untungnya, dengan robot kamera, Anda dapat memperbesar, memutar kamera, dan mengatur sudut yang Anda inginkan. Dulu saya hanya punya satu kesempatan untuk membidik foto, sekarang saya punya banyak ide untuk satu sesi saja," jelas Bello.


Saat kompetisi berlangsung, Bello berdiri di dekat garis finish di depan layar komputernya, sambil memegang video game controller untuk mengakses kamera dari jauh.

Michael Pelps saat berenang untuk kategori 200 meter di Olimpiade 2016
Bersama rekannya yang juga fotografer Getty Images, yakni Clive Rose and Adam Pretty, akan menggunakan metode yang sama saat sesi berotasi.

Kamera bawah air milik fotografer Getty Images yang digunakan untuk mengambil foto-foto di ajang Olimpiade 2016. (Doc: Getty Images)
Untuk mendapatkan foto menganggumkan ini, fotografer Getty Images dan para teknisi telah menyiapkan pemasangannya sejak Juli lalu. Namun, Bello dan rekannya yang juga penyelam bersertifikasi, mengecek langsung ke dalam air.

Sebelum Getty Images, Reuters juga menggunakan robot kamera yang sama untuk mengambil foto-foto bawah air pada Olimpiade 2012 di London, Inggris.

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini