Sukses

Rifle, Prosesor Rancangan Xiaomi?

Kabarnya prosesor perdana besutan Xiaomi ini akan diberi nama 'Rifle'.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, Xioami sempat dikabarkan berencana untuk mengembangkan prosesor buatan sendiri untuk memperkuat perangkat mobile mereka. Namun, belum ada informasi lebih lanjut mengenai kabar tersebut.

Terkini, kabar mengenai rencana perusahaan untuk mengembangkan prosesor buatan sendiri kembali muncul. Informasi terbaru yang berasal dari Korea Times menyebutkan Xiaomi diketahui tengah menyiapkan prosesor perdana besutan sendiri.

Dikutip dari laman Ubergizmo, Selasa (26/4/2016), prosesor perdana Xiaomi ini akan mengusung nama 'Rifle'. Selain itu, sama seperti kebanyakan prosesor smartphone saat ini, chip besutan Xiaomi akan menggunakan teknologi berbasis lisensi ARM.

Hanya saja belum ada informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi dari prosesor perdana besutan Xiaomi ini. Namun, salah seorang rekanan Xiaomi menuturkan bahwa prosesor ini akan diperkenalkan pada Mei 2016.

Kehadiran prosesor Xiaomi ini diprediksi akan menjadi kompetitor dari perusahaan lain, seperti Samsung, Qualcomm, dan MediaTek, yang mana sudah lebih dulu meluncurkan produk serupa.

Selain itu, tak sekadar menjadi kompetitor, kehadiran prosesor ini juga akan mengurangi ketergantungan Xiaomi pada perusahaan pembesut prosesor untuk smartphone. Dengan demikian, Xiaomi dapat lebih mengontrol produknya sekaligus mengurangi biaya produksi.

Kabar ini sendiri bukan pertama kali terdengar. Pada Agustus 2015, Xiaomi sempat dikabarkan akan berkolaborasi dengan produsen chip senegaranya yaitu Leadcore untuk memproduksi prosesor besutan sendiri. 

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.