Sukses

ResepKoki, Aplikasi Kumpulan Resep Makanan untuk Hobi Masak

ResepKoki merupakan aplikasi mobile yang menampilkan info resep makanan khas Indonesia buatan startup SND Studio.

Liputan6.com, Jakarta - Selain aplikasi game dan layanan transportasi yang saat ini sedang naik daun di Indonesia, aplikasi lain yang banyak dipakai orang adalah makanan. Salah satunya adalah aplikasi ResepKoki. 

ResepKoki merupakan aplikasi mobile yang menampilkan info resep makanan khas Indonesia. Aplikasi ini dibuat oleh perusahaan rintisan (startup) bernama SND Studio.

Menurut keterangan di Google Play Store, semua resep yang ada pada aplikasi ini berasal dari juru masak Indonesia dan sudah teruji. ResepKoki didedikasikan untuk mereka yang hobi masak ataupun yang sedang belajar masak, agar lebih mudah melihat resep makanan lewat ponsel.

User Interface
Dari sisi tampilan, desain yang digunakan cukup simpel dengan warna-warna yang cerah namun tidak sakit dipandang mata. Sepertinya tim SND Studio sudah memikirkan betul pemilihan warna dan desain user interface agar pengguna nyaman melihat isi kontennya.

Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Kita tidak perlu repot mendaftar atau membuat akun terlebih dulu. Saat pertama kali membuka aplikasi, akan muncul menu resep berdasarkan kategori jenis makanan: Padang, Betawi, Ayam, Bebek, Aneka Soto Nusantara, Pempek, hingga kue-kue yang menggugah selera.

Screenshot aplikasi ResepKoki. (Liputan6.com/Dewi Widyaningrum)
Saat mengklik salah satu kategori jenis makanan, aplikasi akan menampilkan sejumlah resep, lengkap dengan foto makanannya serta bahan dan cara membuatnya pada tab "Resep" dan "Instruksi".

Yang menarik, pengguna bisa menambahkan bahan yang harus dibeli pada menu "Daftar Belanja". Caranya, ketuk ikon tambah (+) pada Resep. Secara otomatis bahan makanan itu akan masuk pada menu Daftar Belanja. Menu ini berfungsi sebagai pengingat bahan-bahan apa saja yang tidak ada di dapur dan harus kita beli saat belanja.

Sayangnya belum semua resep makanan Indonesia ada di sini. Namun SND Studio berjanji akan menambahkan beberapa resep dalam waktu dekat, antara lain Resep Sunda, Manado, Jawa, Makassar, Kue Ramadhan, Resep Praktis Masak, Resep Makanan Sehat, Resep Makanan Anak.

(Liputan6.com/Dewi Widyaningrum)
Kebutuhan Spesifikasi
Untuk memasang aplikasi ini, ponsel Anda harus menggunakan sistem operasi minimal Android 4.0.3 Ice Cream Sandwich, dan minimal iOS 8.0 untuk pengguna perangkat Apple (iPhone, iPad, dan iPod touch).

Siapkan ruangan sebesar 27 MB di ponsel untuk aplikasi bagi pengguna Android) dan 15.9 MB untuk perangkat iOS.

(Dew/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini