Sukses

Etika Menggunakan Airplane Mode di Dalam Pesawat

Apakah Anda tahu ada tata krama kala menggunakan Airplane Mode di pesawat? Berikut ulasan singkatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Airplane Mode merupakan fitur yang cukup sering digunakan banyak pengguna smartphone. Namun sayangnya, masih sedikit yang mengetahui cara menggunakan Airplane Mode dengan benar dan di mana seharusnya mereka mengaktifkan fitur tersebut.

Padahal, menurut informasi Airline Updates yang dikutip dari Mirror, Jumat (15/4/2015), Airplane Mode adalah fitur yang wajib digunakan ketika penggunanya sedang berada di dalam pesawat. Bahkan, ternayta ada etika yang harus diperhatikan saat Anda tengah mengaktifkan fitur ini ketika terbang dengan si burung besi.

Perlu diperhatikan, pada saat Anda menggunakan perangkat seluler, Wi-Fi, Bluetooth dan GPS, jalur komunikasi antara awak pesawat terbang dan menara pengawas akan terganggu. Akibatnya bisa sangat fatal.

Maka dari itu, saat take off, berada di atas perjalanan, hingga landing, smartphone Anda harus tetap ada di Airplane Mode.

Nah, bagaimana jika ada pesawat yang menawarkan layanan Wi-Fi on board? Diketahui, beberapa maskapai penerbangan sekarang juga ada yang menawarkan fasilitas Wi-Fi. Di sini, Anda bisa mengaktifkan Wi-Fi, namun harus tetap dalam Airplane Mode.


Meski demikian, sinyal seluler tidak tersambung ke menara BTS seperti biasanya, melainkan pada fasilitas yang disediakan pesawat dengan menggunakan radio selular picocells. Hal ini membuat Anda dapat melakukan dan menerima panggilan telepon dan juga SMS ketika Anda di dalam pesawat terbang.

(Jek/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini