Sukses

Menjajal Layanan Music Streaming Spotify

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia kembali kedatangan penyedia layanan music streaming luar negeri, Spotify. Lantas, apa saja yang ditawarkan oleh Spotify? Berikut ini ulasan dari Tekno Liputan6.com.

Pertama, perlu dicatat bahwa Spotify menyediakan dua jenis layanan yaitu layanan gratis dan berbayar. Untuk layanan berbayar, Spotify mematok Rp 49.000,- per bulan. Menariknya pengguna pertama Spotify mendapat akses terhadap layanan berbayar untuk satu pekan.

Aplikasi Spotify dapat diunduh dari Google Play Store bagi pengguna smartphone berbasis Android atau dari Apple Store bagi pengguna smartphone berbasis iOS. Selain dari aplikasi, pengguna juga bisa menikmati Spotify dari situs webnya.

Tekno Liputan6.com sendiri mencoba mengunduh Spotify melalui ponsel berbasis Android. Pertama, aplikasi ini akan meminta pengguna untuk melakukan signup atau login baik dari akun Facebook maupun memasukkan data-data baru.Spotify masuk Indonesia (Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat)
Selanjutnya, pengguna pun bisa menjajal Spotify secara gratis selama masa percobaan (trial) tujuh hari atau melakukan upgrade ke layanan berbayar (premium). Layanan yang didapatkan di antaranya adalah memutar dan mengunduh lagu tanpa iklan serta suara yang dihasilkannya pun memiliki kualitas HD.

Ketika mencoba layanan trial, beberapa fitur yang dapat dirasakan antara lain mencari (browse) musik, mendengarkan radio, serta mendengarkan lagu-lagu yang telah disimpan. Spotify sendiri mengategorikan lagu-lagu berdasarkan tangga lagu terkini (charts), lagu baru (new release), melakukan pencarian lagu (discover), serta lagu-lagu konser (concerts).

Spotify (Liputan6.com/<ochamad Wahyu Hidayat)
Setelah itu, pengguna dapat mengunduh lagu yang diinginkan dan memutarnya. Tampilan navigasinya pun cukup jelas.

Spotify juga menyediakan pilihan apakah lagu-lagu yang sudah diunduh akan dihapus, ditambahkan ke dalam daftar putar (playlist), atau akan dimasukkan ke daftar putar berikutnya. Opsi-opsi lain di antaranya Go to Album, Go to Artist, Share, dan Go to Song Radio.

Pada laman pengaturan, pengguna bisa mengatur kualitas musik yang dihasilkan untuk pilihan streaming, download, hingga pilihan data yang digunakan untuk mengunduh. Selain itu, ada juga pengaturan notifikasi yang diterima serta berbagai pengaturan lain seperti konektivitas dengan jejaring sosial.

(Tin/Why)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS