Sukses

Segesit Apa Performa iPhone SE?

Apakah betul performa iPhone SE secepat iPhone 6s?

Liputan6.com, Cupertino - Usai sudah tebak-tebak buah manggis yang berlangsung selama sebulan terakhir, menerka seperti apa bentuk dari iPhone terbaru yang telah dirilis pada hari ini, Selasa (22/3/2016).

Seperti diketahui, rencana Apple ingin merancang iPhone dengan layar 4 inci—namun memiliki spesifikasi tinggi—sudah terbesit cukup lama.

Namun pada akhirnya, perusahaan asal Cupertino tersebut memutuskan untuk menghadirkan iPhone SE, yaitu iPhone 4 inci dengan spesifikasi super sekelas iPhone 6s.

Lantas, apa memang benar iPhone kecil ini ‘segesit’ iPhone 6s?

Di sela-sela sesi Keynote yang berlangsung, Vice President iPod, iPhone and iOS Greg Joswiak, mengungkap seperti apa ‘buas’nya si kecil iPhone SE ini.

Meski memiliki fisik yang sama persis dengan iPhone 5/5s, Joswiak mengatakan bahwa jeroan SE betul-betul berbeda dan dipermak total.

“Jangan lihat dari luarnya, tapi dalamnya. Kami telah menyimpan chip A9 di jantung iPhone ini, dengan motion co-processor M9 yang menjadikannya sama dengan iPhone 6s,” kata Joswiak.

Hadirnya kedua komponen super inilah yang rupanya membuktikan performa iPhone SE bisa secepat iPhone 6s. Selain itu, iPhone SE juga telah memiliki kapasitas baterai yang lebih kuat.

“Meski ukurannya sama dengan 5/5s, SE sudah disokong dengan baterai yang lebih baik. Kami pun juga memoles kamera iPhone ini lebih jernih,” Joswiak menambahkan.

Untuk kamera, iPhone SE sudah memiliki kamera utama iSight dengan resolusi 12 Megapiksel (MP) dengan Focus Pixels, Retina Flash, fitur panorama hingga 63 MP dan kemampuan membidik Live Photos. Sementara kamera SE juga mampu merekam video dengan kualitas 4K, 1080p dengan frame rate 60 fps, dan juga kamera Slo-mo dalam frame rate 240 fps.

Keunggulan fitur lain yang ada di SE adalah hadirnya koneksi LTE, VoLTE, Apple Pay dan juga koneksi Wi-Fi yang lebih baik, iPhone SE akan tersedia dalam empat warna: space grey, gold, silver dan rose gold.


iPhone SE akan dijual di pasaran mulai 31 Maret 2016 mendatang dengan harga jual US$ 399 (Rp 5,2 juta) dan US$ 499 (Rp 6,2 juta) di wilayah Amerika Serikat terlebih dahulu. Nantinya, pengapalan iPhone SE secara global di lebih 110 negara akan menyusul pada akhir Mei 2016.

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini