Sukses

Rukamen, Situs Jual Sewa Apartemen yang User Friendly

Liputan6.com, Jakarta - Asosiasi Real Estate Indonesia (REI) mencatat bahwa pertumbuhan bisnis properti di Indonesia meningkat hingga 30 persen. REI bahkan memprediksi bahwa bisnis di properti akan terus meningkat hingga 2018.

Berdasarkan data di atas, maka tak heran bila semakin banyak marketplace yang fokus pada model bisnis situs listing properti. Namun sayangnya, sebagian besar situs properti menyajikan jenis properti yang terlalu beragam sehingga membuat calon pembeli sulit untuk menentukan pilihan.

Menyadari hal tersebut, Rukamen hadir dengan menyuguhkan jenis properti yang jauh lebih spesifik yaitu apartemen. Tepatnya, Rukamen adalah situs listing jual dan sewa apartemen di Indonesia.

"Rukamen adalah apartment listing site dan kami tidak seperti property site lainnya, dimana kami fokus di apertemen. Kami mulai beroperasi sekitar tiga bulan lalu dan saat ini masih versi beta, namun sebenarnya kita sudah ready to launch," kata Kristian Bunjamin, Managing Director Rukamen kepada tim Tekno Liputan6.com, Rabu (4/11/2015) di SCTV Tower, Jakarta.

Menyajikan informasi lengkap

Pria yang akrab disapa Kristian itu pun menjelaskan bahwa Rukamen tidak hanya sebatas listing, tetapi menyajikan semua informasi yang dibutuhkan pengguna. Misalnya, pengguna bisa mengetahui seputar lokasi aparteman, gedungnya seperti apa, developernya siapa, dan kapan gedung tersebut bisa ditempati dan lain sebagainya.

"Dengan adanya informasi-informasi tersebut, calon pembeli atau penyewa apartemen akan merasa lebih happy dan yakin apa yang harus mereka lakukan selanjutnya," ujar Pauliady Widjaja, Business Developement Rukamen.

Paul memaparkan, bahwa Rukamen ingin memberikan user experience yang sesimpel mungkin. Pengguna hanya cukup melakukan pencarian nama apartemen yang ingin mereka ketahui. Setelah hasil pencarian muncul, pengguna bisa memfilternya dengan pilihan `Dijual` atau `Disewa`. Nantinya, lanjut Paul, setiap listing akan menampilkan berbagai informasi secara lengkap.

Sematkan fitur Google Street View

Kelebihan lainnya adalah Rukamen sudah menyematkan fitur Google Street View sehingga pengguna bisa melihat langsung bentuk fisik dan lokasi aparteman secara detil.

"Bukan itu saja, tim Rukamen juga telah melakukan proses pembuatan video tentang listing apartemen yang disuguhkan. Istilahnya seperti video tour," pungkas Kristian.

Kristian mengklaim, hingga saat ini Rukamen sudah menyediakan puluhan ribu listing apartemen. Untuk sementara ini, sebagian besar listing diambil dari situs lain. Dalam hal ini, ia menegaskan bahwa pihaknya tidak menyalahi aturan, karena sudah mematuhi term and condition yang berlaku.

Untuk biaya pemasangan listing, Rukamen mematok Rp 50.000 per listing dan Rp 200.000 untuk lima listing dengan jangka waktu tak terbatas atau sampai listing yang bersangkutan terjual.

(isk/dew)

Loading