Sukses

Google Hadirkan WiFi Supercepat di 100 Stasiun India Akhir 2016

Liputan6.com, Jakarta - Di India, setiap harinya 13 juta pengendara diangkut oleh kereta api ke lebih dari 7.000 stasiun yang tersebar di jalur sepanjang 108.000 km. Kabar baiknya, Google akan memberikan sentuhan upgrade digital yang membantu orang-orang di sana agar tetap terhubung ke internet.

Google, seperti dikutip dari The Verge, Senin (28/9/2015), telah mengumumkan rencana untuk membawa WiFi berkecepatan tinggi di 100 stasiun tersibuk di negara itu pada akhir 2016, dan akan melayani lebih dari 10 juta orang per hari. Raksasa mesin pencari ini berharap selanjutnya konektivitas itu akan hadir di 400 stasiun. 

Inisiatif dengan perusahaan kereta api India, Indian Railways, dan provider RailTel, diumumkan selama acara di Mountain View dengan Perdana Menteri India, Narendra Modi. Selama beberapa hari terakhir Modi telah mengunjungi perusahaan-perushaan Silicon Valley yang berpengaruh, termasuk Facebook.

Sementara jutaan orang India membeli smartphone dengan paket data internet, bandwidth paket tersebut masih terbatas dan kecepatannya sering kali lambat. Maka itu, Google menjanjikan Wi-Fi yang ditawarkannya akan menjadi layanan Wi-Fi supercepat yang dapat digunakan untuk menikmati high definition video streaming.

Pada awalnya layanan ini disediakan cuma-cuma, dengan tujuan jangka panjang, yang membuatnya mandiri untuk memungkinkan ekspansi ke lebih banyak stasiun dan tempat-tempat lain. Itu berarti bahwa ke depannya layanan ini akan dikenakan tarif.

Upaya ini merupakan bagian dari rencana besar Google untuk menghubungkan miliaran pengguna ke internet. Sebuah motivasi yang sama ada di balik  Android One yang merupakan perangkat berspesifikasi tinggi, namun dibanderol dengan harga murah.

(why/cas)