Sukses

Smartphone BlackBerry Android Dipastikan Meluncur Tahun Ini

Liputan6.com, Jakarta - Setelah sejumlah kabar yang berhembus belakangan ini, Blackberry akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Android. Dalam laporan laba perusahaan terbarunya, yang dikutip dari Ars Technica, Minggu (27/9/2015), perusahaan yang berbasis di Kanada ini secara resmi mengumumkan akan merilis ponsel Android.

Executive chairman sekaligus chief executive officer (CEO) BlackBerry, John Chen, mengonfirmasi rumor sebelumnya, "Hari ini, saya mengonfirmasi rencana kami untuk meluncurkan Priv, sebuah perangkat Android yang dikatakan warisan dan inti misi BlackBerry dalam melindungi privasi pelanggan kami."

Priv, tambah pria kelahiran Hong Kong tersebut, menggabungkan hal terbaik dari keamanan dan produktivitas BlackBerry dengan ekosistem aplikasi mobile yang luas yang tersedia di platform Android.

Sebelumnya Priv telah bocor di internet dan dikenal dengan nama 'BlackBerry Venesia'. Perangkat ini memiliki sliding keyboard khas Blackberry, yang bergeser keluar secara vertikal.

Adapun gambar-gambar yang bocor sebagian besar berasal dari Evan Blass alias EVleaks, yang menunjukkan sebuah perangkat yang menjalankan sebagian besar 'rasa' khas Android dengan Google Play Store dan aplikasi-aplikasi Google terkait lainnya.

Para penggemar Blackberry di CrackBerry telah melacak perangkat tersebut dan menampilkan spesifikasi yang diduga, yaitu layar 5.4 atau 5.6 inci dengan resolusi 1440 piksel, prosesor Qualcomm Snapdragon 808, RAM 3GB, ruang penyimpanan 32GB, serta kamera belakang dan depan dengan resoulsi masing-masing 18 MP dan 5 MP.

(why/isk)