Sukses

Seberapa Ringan Samsung Galaxy Tab S2 Saat Digenggam?

Liputan6.com, Jakarta - Gawai tablet terbaru Samsung – Galaxy Tab S2 secara resmi telah diperkenalkan pada hari ini, Kamis (17/9/2015). Tablet teranyar besutan perusahaan asal Korea Selatan itu diklaim menjadi tablet pertama yang sangat tipis dari semua seri tablet Samsung, yakni dengan tingkat ketipisan 5,6 mm.

Selain itu, tablet ini pun memiliki beragam fitur yang tak kalah menariknya dari desain yang disokong. Fitur-fitur Samsung Galaxy Tab S2 memang dirancang untuk mendukung para penggunanya yang mayoritas dari kalangan pekerja telecommuting, yakni dimana orang-orang mengadopsi sebuah gaya kerja dengan sokongan teknologi komunikasi yang bisa dilakukan di berbagai lokasi dan tak terpisahkan dengan internet.

Aidil Akbar, financial planner ternama di Indonesia, mengungkap bahwa tablet ramping bermaterial bezel metal ini sangatlah cocok bagi para pekerja yang mobile, terlebih memiliki berbagai macam klien yang berdomisili dari berbagai lokasi, baik nasional maupun internasional. Dengan hadirnya Galaxy Tab S2, ia menambahkan, dapat mengakomodir kebutuhan penggunanya kapanpun dan dimanapun dengan mudah berkat konektivitas 4G LTE dan juga ketersediaan aplikasi Microsoft Office untuk mendukung kegiatan bekerja lebih praktis.

"Tablet ini sangat pas untuk seorang pekerja mobile seperti saya, dengan fitur kompatibilitas seperti USB OTG (on the go), serta juga adanya cloud storage, semuanya dapat membantu proses akses data untuk menyelesaikan semua kewajiban yang harus dipenuhi. Desain premium dan ringan memudahkan saya untuk membawa tablet ini kemanapun,” tutur Aidil pada saat acara peluncuran Galaxy Tab S2 di Jakarta.

Lantas, karena sudah diungkap berbagai fitur serta keunggulan desain yang begitu `wah` dari Galaxy Tab S2, tim Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk hands on and experience tablet berukuran pipih ini.

Samsung Galaxy Tab S2 (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)

Seperti yang sudah dijelaskan, Galaxy Tab S2 memiliki dua (2) ukuran yang berbeda, yakni 8 inci (bobot 272 gram) dan 9.7 inci (392 gram). Jika dilihat dari bentuk fisik, jelas kedua tablet ini memiliki ukuran dan bobot yang berbeda. 8 inci lebih panjang dan menyerupai fisik phablet, namun ukuran 9,7 inci memiliki fisik lebih `bongsor`. Nah, yang menjadi pertanyaan adalah; meskipun memiliki bentang layar yang cukup besar, apakah memang benar tablet ini ringan?

Setelah kami mencoba menggenggam kedua ukuran tablet tersebut, ternyata memang benar, kedua ukuran 8 inci dan 9.7 inci dari Galaxy Tab S2 ini sangat ringan. Terasa sangat praktis dan tidak berat, bahkan jika dipegang dengan satu tangan pun tidak masalah.

Samsung Galaxy Tab S2 (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)

Ini bisa menjadi salah satu keunggulan Galaxy Tab S2, karena efisiensi dari bobot serta ketipisan perangkat menjadi fokus utama Samsung dalam memasarkan produknya ke segmen kalangan pekerja mobile yang tidak melulu kerja di kantor.

Selain ukuran dan bobot, apa lagi yang menjadi kelebihan Galaxy Tab S2?

2 dari 2 halaman

Spesifikasi

Galaxy Tab S2 memiliki fitur fingerprint yang dapat mengunci atau mengaktifkan tablet, selain itu fitur ini pun bisa digunakan untuk membatasi dan mengakses web browser.

Soal layar, tablet ini memiliki display ratio 4:3 dan sudah dilapisi layar super AMOLED yang mampu menampilkan level warna super dengan tingkat kecerahan yang bisa dimaksimalkan, sehingga mampu menampilkan gambar sesuai dengan warna aslinya.

Samsung Galaxy Tab S2 (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)

Berhubungan dengan kualitas gambar, pasti Anda bertanya-tanya seberapa baguskah kualitas kamera Galaxy Tab S2 ini, sebagai informasi, Galaxy Tab S2 sudah memiliki kamera utama (belakang) dengan resolusi 8 Megapiksel (MP) dan f/1.9 apperture serta kamera depan beresolusi 2,1 MP.

Untuk dapur pacu, kedua ukuran Galaxy Tab S2 sudah disokong prosesor bertenaga Octacore yang terdiri dari Quad-core 1.9GHz dan 1.3GHz, serta memiliki RAM 3 GB. Soal kapasitas penyimpanan, tablet ini sudah memiliki memori internal sebesar 32 GB dan memori eksternal yang bisa diekspansi sampai 128 GB. Sedangkan untuk sektor daya baterai, ukuran 8 inci ditopang daya baterai sebesar 4000 mAh, sementara untuk ukuran 9.7 inci memiliki daya baterai sebesar 5.870 mAh.

Samsung Galaxy Tab S2 (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)

Menariknya lagi, bagi Anda yang sering menyimpan dokumen di penyimpanan Cloud, tablet ini sudah dibekali dengan penyimpanan Cloud Drive dengan kapasitas sampai 100 GB.

Samsung Galaxy Tab S2 sudah masuk ke pasaran tanah air sejak 4 September lalu dan tersedia dengan tiga (3) varian warna: Gold, Black, dan White dengan harga Rp 6.999.999 untuk 9,7 inci dan Rp 5.999.999 untuk ukuran 8 inci.

(jek/dew)

Loading