Sukses

Akhir Bulan, Pengguna Bisa Pinjam Uang di WeChat

Liputan6.com, Jakarta - Tencent Holdings Ltd. yang dikenal sebagai perusahaan pembesut aplikasi chatting WeChat, dikabarkan akan menghadirkan fitur baru untuk aplikasi besutannya tersebut.

Dikutip dari laman The Wall Street Journal, Minggu (13/9/2015), perusahaan asal China tersebut akan menghadirkan fitur peminjaman uang secara pribadi melalui aplikasi WeChat pada akhir bulan ini.

Fitur yang diberi nama Weilidai yang secara harafiah berarti 'sedikit pinjaman' ini, dikabarkan memperbolehkan pengguna untuk meminjam uang dengan jumlah sampai 200.000 yuan atau sekitar 400 juta rupiah tanpa jaminan apapun.

Fitur Weilidai ini nantinya akan dijalankan oleh WeBank, sebuah bank internet yang diluncurkan pada Januari 2015 oleh Tencent dan perusahaan keuangan China.

Tencent sendiri tampaknya sedang menjadikan sistem keuangan berbasis internet sebagai salah satu pengembangan bisnisnya. Setelah sebelumnya perusahaan ini berfokus pada layanan game online dan social network.

Langkah ini sendiri menurut para analisis merupakan langkah Tencent untuk semakin memperbesar lini bisnisnya. Didukung dengan WeChat yang berhasil mencatatkan jumlah pengguna aktif bulanan sampai 600 juta.

Maka, lewat fitur ini Tencent dapat menawarkan pinjaman mikro dan layanan keuangan lainnya ke pengguna individual atau bahkan pemilik bisnis kecil yang mungkin tidak menjadi sasaran dari bank-bank tradisional di China.

WeChat sendiri dinilai bergerak lebih maju dibandingkan aplikasi sejenis dengan meluncurkan banyak fitur sekaligus. Saat ini, WeChat tidak hanya memiliki layanan standar dari aplikasi chatting, seperti pesan teks dan pesan suara, namun juga fitur lain yaitu social sharing, video, serta laman merek-merek ternama dan fasilitas marketplace. 


(dam/isk)