Sukses

Jateng Sabet Juara Olimpiade Sains Nasional 2015

Liputan6.com, Yogyakarta - Propinsi Jawa Tengah (Jateng) keluar sebagai juara umum Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015 yang berlangsung 18-24 Mei di Yogyakarta. Total Jateng berhasil membawa 84 medali baik perunggu maupun emas.

Juara umum tahun ini menjadi gelar ke-9 bagi Jateng dalam gelaran OSN. Sekretaris Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah Kartono memaparkan bahwa Jateng meraih 24 emas, 26 Perak, serta 34 perunggu. 

"Kita sudah 8 kali juara tahun 2014 lalu kita kecolongan Jakarta. Kita dapat 24 emas leboh jauh dari DKI17 aja," ujar Kartono usai pengumuman juara di Sportorium UMY.

Kartono mengatakan beberapa faktor yang mempengaruhi Jateng mampu kembali merebut juara umum. Diantaranya adalah persiapan yang matang dan persiapan mental.

Selain itu, para alumni OSN juga kembali diundang untuk membimbing adik-adik yang akan berlaga di OSN tahun ini. "Kami panggil senior mereka yang ada di ITB dan UGM yang jebolan OSN untuk bimbing adik-adik," ujarnya.

Kartono menceritakan, pihak Dinas Pendidikan sudah menyiapkan beasisiswa bagi peserta OSN yang mendapat medali. "Medali emas dari pak Gubernur dapat 15 juta rupiah, perak 12,5 juta dan perunggu dia dapat 10 juta," ujarnya.

(Fathi mahmud/dhi)