Sukses

Waspada! Hacker Temukan Cara Ampuh Memeras Gamer

Ransomware ini akan menyasar file penting di dalam video game yang dimainkan pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Penyebaran jenis malware yang berfungsi untuk menyandera file penting milik pengguna atau yang dikenal dengan sebutan 'ransomware', semakin merajalela. Bahkan kini dilaporkan bahwa ransomware juga mulai menyasar para gamer.

Vadim Kotov, seorang peneliti kemanan dari Bromium Labs dalam laporannya menjelaskan bahwa ia telah menemukan varian ransomware baru yang disematkan di dalam video game.

Ransomware ini akan menyasar file penting di dalam video game yang dimainkan pengguna. Mulai dari pencapaian level, jumlah poin yang dikumpulkan, dan berbagai file lainnya yang terkait dengan gameplay. 

Setelah file-file itu disandera oleh hacker, gamer akan diperas dan diharuskan membayarkan sejumlah uang dalam bentuk Bitcoin. "Ini baru pertama kali kami melihat ransomware yang secara khusus menargetkan gamer," tulis Kotov.

Dalam laporannya Kotov memaparkan ada 40 judul video game yang berpotensi dimanfaatkan hacker untuk menyebarkan ransomware ini. Beberapa di antaranya adalah judul video game populer yang dimainkan oleh jutaan gamer. Berikut rinciannya seperti yang dilansir laman Bleeping Computer, Jumat (13/3/2015):

Call of Duty
Star Craft 2
Diablo
Fallout 3
Minecraft
Half-Life 2
Dragon Age: Origins
The Elder Scrolls and specifically Skyrim related files
Star Wars: The Knights Of The Old Republic
WarCraft 3
F.E.A.R
Saint Rows 2
Assassin’s Creed
S.T.A.L.K.E.R.
Resident Evil 4

Selain judul-judul game di atas, Kotov juga menyebutkan bahwa ransomware ini menyasar beberap judul game online. Antara lain adalah: World of Warcraft, League of Legends, dan beberapa game besutan Valve.

(dhi/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini