Sukses

Android Akhirnya Berhasil Kangkangi Apple

Kerja keras Google dan developer Android terbayarkan, setidaknya untuk jumlah aplikasi yang ada saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - 2014 disebut sebagai tahun tersibuk bagi para developer Android. Dan kerja keras Google dan developer Android itu pun akhirnya terbayarkan, setidaknya untuk jumlah aplikasi yang ada saat ini.

Berdasarkan data dari layanan riset yang memonitor aplikasi, Appfigures, jumlah aplikasi di Google Play Store untuk pertama kalinya berhasil melampaui toko aplikasi Apple App Store. Jumlah aplikasi di Google Play Store tumbuh lebih dari 50 persen pada tahun lalu.

Appfigures merilis jumlah aplikasi yang ada di tiga platform, Android, iOS, dan Amazon. Ketiganya mengalami pertumbuhan yang besar, tapi Google paling mendominasi.

"Hal yang menarik dari data ini adalah meski pertumbuhan Apple terus menguat, tapi Google Play mendominasi. Pada 2014, jumlah aplikasi yang didistribusikan melalui Google Play tumbuh dua kali lipat," jelas appFigures, seperti dilansir Mashable, Sabtu (17/1/2015).

Google menutup akhir tahun dengan lebih dari 1,43 juta aplikasi, sedangkan Apple 1,21 juta. Amazon berada di posisi ketiga dengan 293 ribu aplikasi.

Perusahaan riset App Anie juga merilis data serupa. Google Play memiliki hampir 300 ribu aplikasi lebih banyak dibandingkan App Store atau 17 persen lebih tinggi. 

(din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini