Sukses

Top 5: Seluk Beluk Black Box Pesawat Paling Populer

Liputan6.com, Jakarta - Black Box alias kotak hitam adalah komponen penting dari pesawat karena alat ini merekam kegiatan yang terjadi di pesawat termasuk rekaman suara pilot. Seluk beluk mengenai black box menjadi artikel yang paling banyak diburu pembaca kemarin. Selengkapnya, berikut rangkuman 5 berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com kemarin, Rabu (31/12/2014).

1. Mengenal Black Box AirAsia QZ8501 yang Hilang

Black box adalah kotak penyimpanan alat perekam kegiatan penerbangan yang terdiri dari Voice Cockpit Recorder (VCR) ‎dan Flight Data Recorder (FDR). Data penerbangan tersebut meliputi waktu terbang, tekanan udara, ketinggian, kecepatan angin, keseimbangan horizontal, arah kompas, dan rekaman suara pilot selama 25 jam terakhir. Meski disebut kotak hitam, black box biasanya berwarna oranye - memiliki bodi yang tangguh dan tahan di berbagai kondisi ekstrem - dilapisi material aluminium, silika, baja anti karat, dan titanium. Black box bahkan mampu bertahan terhadap suhu 1.100 derajat celcius selama 1 jam, dan sanggup bertahan dalam air laut selama 30 hari, tahan terhadap bahan kimia, dan tahan benturan hingga 3.400 G.

2. Apple `Pecundangi` Samsung di Penghujung Tahun 2014

Apple dilaporkan mampu mengungguli Samsung di penghujung tahun 2014 ini. Menurut laporan yang dirilis lembaga analisis Flurry, jumlah perangkat Apple yang diaktifkan pada periode 12-25 Desember 2014 kemarin, lebih banyak dibanding Samsung. Flurry mencatat, secara global angka aktivasi perangkat Apple di pertengahan hingga akhir Desember 2014 mencapai 51,3%. Sementara pesaing ketat mereka, Samsung, 'hanya' 17,7%. Flurry menyimpulkan bahwa Apple mampu merajai pasar perangkat mobile berkat dirilisnya dua varian baru iPhone 6 dan 6 Plus.

3. Ratusan Foto Bugil Artis Ditelanjangi Hacker

Bulan Oktober mungkin menjadi mimpi buruk bagi sebagian para selebritis papan atas. Pasalnya hacker berhasil mencuri ratusan foto bugil artis wanita seperti Jennifer Lawrence, Kate Upton, dan sejumlah bintang Hollywood lainnya. Foto-foto itu diduga telah dicuri dari akun iCloud milik para artis tersebut. Tak hanya foto, hacker juga mengklaim memiliki beberapa video. Bahkan dengan berani, hacker tersebut menawarkan untuk merilis foto-foto lainnya dengan sejumlah uang sebagai syaratnya. Artikel kaleidoskop ini ternyata masih menarik perhatian pembaca. Simak artikel kaleidoskop selengkapnya di Tekno Oktober: Hacker Umbar Ratusan Foto Bugil Artis.

4. Tiga Kisah Rapat Super Produktif ala Steve Jobs

Steve Jobs dikenal sebagai sosok yang perfeksionis dan produktif, sehingga sangat rinci terhadap berbagai hal. Salah satu contohnya adalah rapat yang dihadirinya harus berjalan dengan sangat produktif. Ada tiga kisah mengenai sifat super perfeksionis Jobs yang menarik perhatian. Ketiganya terjadi dalam rapat atau pertemuan yang digelar olehnya dan orang lain. Bahkan dalam salah satu kisah, Jobs tak segan menolak menghadiri pertemuan yang digelar oleh Presiden Barack Obama. Ketika Jobs menggelar rapat dengan agensi iklan Apple, ia pernah meminta orang baru yang tidak dikenalnya keluar dari ruang rapat karena tak dibutuhkan meski orang itu bagian dari proyek. Jobs juga selalu memastikan bahwa setiap orang yang hadir di dalam rapat memiliki tanggungjawab.

5. Sempat Dilarang Beredar, Xiaomi Justru Kian Berkibar

Meski sempat dilarang beredar di India, vendor asal Tiongkok Xiaomi kian menguatkan pijakannya di negara tersebut. Bahkan penjualan smartphone Xiaomi terus mengalami peningkatan. Pimpinan Xiaomi di India, Manu Kumar Jain, melalui akun Twitter miliknya mengumumkan pencapain terbaru perusahaan. Dia mengatakan bahwa Xiaomi telah menjual lebih dari satu juta handset di India dalam waktu lima bulan. Xiaomi memiliki serangkaian strategi untuk memperluas pangsa pasar, salah satunya melalui kerjasama ekskusif dengan situs belanja online Flipkart di India.

(dew)

Unboxing dan First Impression Galaxy S20 Ultra
Loading
Artikel Selanjutnya
Keinginan Hengky Kurniawan Tawarkan Rumahnya untuk Tim Medis Ditolak Warga Setempat
Artikel Selanjutnya
Neona Ajak Penggemar Berjoget Dalam Pembuatan Video Klip The Next Gen