Sukses

Tips Berbisnis Online Langsung dari Pengusaha Sukses

Berikut ini sejumlah tips bisnis online langsung dari pengusaha online sukses.

Liputan6.com, Jakarta - Bisnis online sedang berkembang di kalangan pengguna internet di dunia, termasuk Indonesia. Namun, menjalankan bisnis online tak semudah membalikkan telapak tangan.  

Bagaimana caranya merengkuh sukses dalam bisnis online? Berikut ini tips sukses dari Gianto, salah seorang pebisnis online sepeda yang sudah berhasil mengantongi omzet Rp 100 juta setiap bulannya dari bisnis online yang dimulainya sejak dua tahun lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tampilkan Iklan Terbaik

1. Tampilkan Iklan Terbaik

Tampilan iklan menjadi salah satu pemikat pelanggan supaya mau bertransaksi dengan kita. Gianto biasanya memilih untuk memasang foto produk asli yang sedang dijualnya dan juga mengambil gambar yang memperlihatkan `kekurangan` di produknya.

"Ambil gambar produk asli yang kita jual karena kalau gambar dari situs lain akan pecah sehingga terlihat tidak asli. Terus kalau ada kekurangan maka ambil gambarnya biar pelanggan tidak merasa tertipu," ungkap Gianto.

3 dari 5 halaman

Berikan Pelayanan Terbaik

2. Berikan Pelayanan Terbaik

Layanan terbaik merupakan kunci dalam menjalankan usaha, baik secara online maupun offline. Memberikan pelayanan terbaik disebutkan Gianto sebagai cara paling mujarab mendapat kepercayaan dari konsumen.

"Sediakan service terbaik dalam bertransaksi dengan pelanggan. Saya memberikan layanan kiriman cepat, kalau transaksi deal sebelum jam 3 maka barang langsung dikirim pada hari yang sama, kalau perlu kita kasih jaminan garansi ataupun potongan harga bagi pembeli dalam jumlah tertentu," papar Gianto.

4 dari 5 halaman

Transaksi secara jujur

3. Transaksi secara jujur

Kejujuran merupakan faktor kunci dalam menjalankan usaha. Di bisnis online kepercayaan pelanggan harus dibangun dengan transaksi secara jujur agar reputasi terbangun dengan baik dan bisa memberikan kepuasan kepada pelanggan serta melahirkan loyalitas.

"Namanya bisnis harus jujur, jangan mengecewakan pelanggan dan serakah. Sekali dikecewakan maka reputasi kita akan rusak dan tidak akan dipercaya lagi. Hal itu tentunya mengganggu bisnis kita di masa depan," tambah Gianto.

5 dari 5 halaman

Sediakan Keunikan

4. Sediakan Keunikan

Keunikan jadi nilai tambah dalam berbisnis. Dalam memasarkan sepedanya, Gianto mampu memodifikasi sepeda agar sesuai dengan keinginan pelanggannya. Lengkapnya alat yang dimiliki membantu Gianto dalam memberikan pelayanan terbaik bagi konsumennya.

"Saya kan dasarnya orang teknik, jadi ngerti cara memodifikasi mesin. Di bisnis sepeda saya juga memanfaatkan skill dan alat yang sudah ada untuk memenuhi kebutuhan pelanggan," tandasnya. (den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini