Sukses

Tak Ingin Foto Selfie Dihujat? Ini Tipsnya

Meski aktivitas selfie bagi para pelakunya adalah kegiatan menyenangkan, tapi orang lain bisa merasa terganggu dengan foto-foto tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena memotret diri sendiri (self-portrait) atau yang dikenal dengan nama selfie kian populer saat ini. Maka tak mengherankan jika Anda kerap melihat seseorang atau sekelompok orang memotret diri mereka sendiri, tanpa bantuan orang lain. 

Selfie biasanya mengacu pada foto informal, yang umumnya diambil dari kamera digital atau smartphone yang dipegang di tangan. Biasanya setelah itu, foto-foto selfie tersebut akan di-share ke jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Namun yang harus diingat, meski aktivitas selfie bagi para pelakunya adalah kegiatan menyenangkan, tapi orang lain bisa merasa terganggu dengan foto-foto tersebut. Bahkan tak jarang sebutan terlalu narsis bisa menghampiri para penggemar selfie.

Jadi sebaiknya jangan melakukan selfie secara berlebihan. Setidaknya, foto selfie yang disebar di jejaring sosial harus menampilkan sesuatu yang menyenangkan hati dan menarik untuk dilihat. Jangan sampai ada kalimat seperti, "Ya Tahun, jangan sampai ada selfie orang itu lagi."

Nah, ingin selfie Anda terlihat sempurna? Berikut tipsnya seperti dilansir Digital Photo Secrets.

1. Kenali sisi menarik
Tak ada manusia yang sempurna. Keuntungan menjadi fotografer dari diri sendiri adalah bisa leluasa menonjolkan sisi menarik Anda. Misalnya, jika ingin wajah Anda terlihat lebih kurus maka posisi smartphone atau kamera sebaiknya sedikit lebih tinggi dari wajah. Tapi jaraknya jangan terlalu jauh.

2. Gunakan cahaya alami
Sebaiknya ketika selfie jangan menggunakan flash yang ada di kamera digital atau smartphone. Sebaliknya, gunakan cahaya alami. Anda bisa berdiri di samping jendela untuk menghasilkan selfie yang lembut dengan cahaya yang terlihat alami. Trik ini bisa membantu menghilangkan bayangan gelap, terutama yang ada di bawah mata.

3. Gunakan filter
Jika Anda menggunakan smartphone untuk selfie, maka hasilnya bisa jauh lebih baik jika memberikan sentuhan filter dari aplikasi fotografi seperti Instagram dan Photo FX. Filter artistik bisa membantu melembutkan dan menyempurnakan hasil foto.

4. Jangan terlalu serius
Ingin selfie terlihat keren? maka jangan pernah melakukan selfie dengan pose yang terlalu serius. Triknya, Anda bisa memotret diri sendiri saat bersama teman-teman secara spontan. Sehingga berbagai ekspresi dadakan yang terekam di dalamnya akan membuat foto terasa 'hidup'.

5. Jangan berlebihan
Tak ada yang salah jika selfie sebanyak mungkin, karena itu adalah salah satu cara untuk mendapatkan hasil terbaik. Tapi Anda harus hati-hati saat menyebarkannya ke jejaring sosial.

Sebaiknya dari sekian banyak selfie, pilih beberapa saja yang di-posting ke jejaring sosial seperti Facebook. Jika terlalu banyak selfie yang di-posting, orang bisa berpikir kalau Anda terlalu narsis dan berlebihan.

Selamat mencoba!

(din/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini