Sukses

Cortana Akan Segera Hadir di Komputer Windows?

Microsoft sepertinya akan membawa asisten virtual buatannya ke perangkat berbasis Windows.

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft belum lama ini menghadirkan asisten pribadi virtual bernama Cortana ke perangkat berbasis Windows Phone 8.1. Sang pesaing Apple Siri dan Google Now itu sepertinya bakalan segera menghampiri perangkat berbasis Windows lainnya.

Prediksi itu muncul berdasarkan sebuah iklan lowongan kerja yang dibuka Microsoft belakangan menunjukkan Cortana kemungkinan akan hadir di Windows. Perusahaan berbasis di Redmon, Washington tersebut membuka lowongan untuk insinyur pengembang perangkat lunak. 

Seperti dilansir Cnet, iklan itu menyebutkan salah satu pekerjaannya ialah 'membantu membentuk evolusi generasi berikutnya dari Digital Assistant milik Microsoft'. Iklan tersebut menyebut asisten digital merupakan wilayah yang menantang, menarik, dan menjadi sebuah terobosan.

Bahkan secara spesifik terlihat daftar khusus untuk mencari seseorang yang berminat untuk bergabung dengan tim Cortana untuk 'mendorong pembatas' dan 'mendefinisikan ulang personalisasi di Windows'.

Meski petunjuk dalam iklan lowongan pekerjaan itu tampak jelas, tapi soal kehadiran Cortana di Windows masih belum pasti. Kabar pasti soal kemungkinan Cortana diadopsi pada perangkat berbasis Windows harus menunggu pengumuman ataupun konfirmasi resmi dari Microsoft.

Bila Microsoft benar-benar menghadirkan asisten digital buatannya ke platform PC maka ini menjadi sebuah inovasi yang cukup baik. Apple sebagai pionir pembuat asisten digital lewat Siri saja masih belum membawanya ke perangkat berbasis Mac buatannya.

Cortana sendiri saat ini baru tersedia secara terbatas bagi pengguna Windows Phone 8.1 Developer Preview. Sedangkan bagi pengguna Windows Phone secara luas Cortana kemungkinan baru bakalan hadir pada bulan Juni mendatang sebagai bagian dari pembaruan platform.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.