Sukses

Google Sumbang Rp 79,1 Milyar Untuk Fasilitas Bus Gratis

Raksasa mesin pencarian internet itu mendonasikan dana $ 6,8 juta untuk mendanai program bus gratis untuk warga.

Liputan6.com, San Francisco Di tengah protes yang diajukan warga San Fransisco kepada Google terkait fasilitas bus antar-jemput untuk karyawannya, Google mencoba meredam reaksi protes itu dengan aksi nyata.

Raksasa mesin pencarian internet itu mendonasikan dana $ 6,8 juta atau sekitar Rp 79,1 milyar untuk mendanai program bus gratis Free Muni for Low Income Youth selama dua tahun untuk warga muda berusia 5-17 tahun di San Francisco. Donasi itu diklaim sebagai salah satu sumbangan pribadi terbesar dalam sejarah kota.

Program Free Muni for Low Income Youth diluncurkan tahun lalu. Program ini memungkinkan para siswa berpenghasilan kecil di San Francisco mendapatkan tumpangan bus umum gratis. Program ini telah membantu lebih dari 31.000 siswa sejak dimulai.

Akhir tahun lalu Google memang pernah didemo warga karena perusahaan ini menimbulkan kesenjangan sosial kepada warga sekitar. Para demonstran menghentikan bus Google.

Bus komuter Google berkeliaran di kota setiap pagi dan sore hari untuk mengangkut dan mengantar karyawan. Yang membuat warga kecewa, bus Google ini mengambil penumpang di halte angkutan umum resmi kota tanpa memberikan kontribusi apapun untuk kota.

"Warga San Francisco frustrasi bahwa kita tidak membayar kontribusi untuk menggunakan fasilitas pemberhentian bus kota," kata seorang juru bicara Google kepad Cnet.

Baca juga:
Didemo Warga, Google Dituntut Bayar Rp 12 Triliun
6 Hal Menyenangkan yang Didapat Buruh Google
6 Fasilitas Unik Yang Tersedia di Kantor Google
Wuih, Google Bawa Monorel ke Dalam Kantor

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini