Sukses

Bandara Dhoho Mulai Beroperasi, PLN Jamin Keandalan Suplai Kelistrikan

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur bersama PT Angkasa Pura 1 telah melakukan simulasi operasi dan uji fungsi untuk memastikan keandalan sistem kelistrikan Bandara Dhoho Kediri yang mulai beroperasi.

Liputan6.com, Kediri - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur bersama PT Angkasa Pura 1 telah melakukan simulasi operasi dan uji fungsi untuk memastikan keandalan sistem kelistrikan Bandara Dhoho Kediri yang mulai beroperasi.

General Manager PLN UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo mengatakan simulasi sistem kelistrikan ini untuk memastikan suplai tenaga listrik berkualitas, andal tanpa padam. 

"Sebagai salah satu proyek strategis nasional, PLN memberikan dukungan penuh dalam menyuplai listrik yang reliable baik saat pembangunan maupun saat operasional berlangsung," ujar Agus, Jumat (5/4/2024). 

Sebelumnya, PLN telah sukses memberikan dukungan kelistrikan khusus pada proses pembangunan konstruksi bandara Dhoho melalui pelayanan sementara dengan total daya 3.744 kVA. PLN juga telah sukses melakukan pengoperasian pemasangan baru listrik di Bandara Dhoho Kediri pada Juli  2023 dengan total daya yang terpasang sebesar 6.930 kVA untuk Bandara dan 555 kVA untuk Airnav. 

Supervisor Electrical PT Angkasa Pura 1, Mohamad Aries Ashari menyampaikan apresiasi kepada PLN atas kontribusi untuk suplai keandalan pasokan listrik di Bandara Dhoho Kediri. 

"Kami berharap dengan simulasi ini, kegiatan operasional menjadi lancar serta jadwal penerbangan berjalan sesuai rencana," kata Aries. Kolaborasi antara PLN UP3 Kediri dan PT Angkasa Pura 1 selaku pengelola Bandara akan terus terjalin ke depan untuk kualitas pelayanan yang lebih baik dan berkelanjutan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Beroperasi

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menyebut Bandara Internasional Dhoho Kediri efektif beroperasi pada Jumat (5/4), setelah dinyatakan siap 100 persen melayani penerbangan.

"Bagi seluruh masyarakat Kediri dan sekitarnya yang akan mudik Lebaran bisa memulai perjalanan baru dari Bandara Internasional Dhoho," kata dia di Kediri, Jawa Timur, Selasa (2/3/2024).

Ia menjelaskan penerbangan perdana adalah maskapai Citilink dari Jakarta-Kediri maupun sebaliknya. Reservasi tiket penerbangan ini telah muncul di website maskapai bersangkutan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.