Sukses

Mudik Gratis Lebaran 2024 Kota Malang Sudah Penuh Terisi, Sediakan 450 Kuota dan 9 Rute Tujuan

Pemkot Malang menyiapkan 10 armada untuk layanan mudik gratis dengan sembilan rute tujuan di Jawa Timur

Liputan6.com, Malang - Pendaftaran mudik gratis lebaran 2024 Kota Malang yang dibuka sejak Senin, 18 Maret resmi berakhir pada Jumat, 22 Maret 2024. Dari total kuota yang disediakan sebanyak 450 kursi untuk sembilan rute, seluruhnya penuh terisi.

Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang Minto Rahardjo, mengatakan puluhan kursi yang masih tersisa akhirnya penuh dipesan para masyarakat yang mendaftar mudik gratis pada hari terakhir ini.

“Iya, di hari terakhir ini semua sudah penuh terisi,” kata Minto saat dikonfirmasi.

Mudik gratis ini ramai peminat sebab dalam dua tahun terakhir Pemkot Malang sempat meniadakan kegiatan itu. Masyarakat umum jadi prioritas utama peserta kegiatan ini dengan daerah tujuan mudik di seluruh wilayah Jawa Timur.

Yakni Mataraman (Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Kediri, Jombang, Nganjuk, Madiun, Ngawi). Pantura (Lamongan, Bojonegoro, Tuban), Tapal Kuda (Probolinggo, Situbondo Lumajang, Jember, Banyuwangi) dan Madura (Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep)

Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Widjaja Saleh Putra, mengatakan Pemkot Malang tidak menyediakan layanan mudik gratis untuk masyarakat dengan daerah tujuan lintas provinsi. Tapi mereka tak perlu khawatir sebab ada layanan lainnya.

“Bila ada pemudik ke Jakarta, Jawa Barat dan sebagainya, ada program serupa dari Pemprov Jatim yang melayani mudik gratis lintas provinsi,” kata Widjaja beberapa hari lalu.

Mudik gratis ini rencananya diberangkatankan pada Sabtu 6 April 2024 pukul 07.00 mendatang dengan titik kumpul di depan Balai Kota Malang. Rencananya, Pejabat Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat akan melepas rombongan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rute Mudik Gratis Kota Malang

Pemerintah Kota Malang menyiapkan sebanyak 10 armada untuk mudik gratis ini, masing – masing berkapasitas 45 kursi. Armada itu dibagi dalam sembilan rute tujuan dan peserta kegiatan ini adalah warga yang memegang KTP Kota Malang.

Adapun rute mudik gratis Kota Malang lebaran 2024 yakni :

1 Bus: Malang – Blitar – Tulungagung – Trenggalek – Ponorogo

2 Bus: Malang – Blitar – Kediri – Jombang – Nganjuk – Madiun – Ngawi

1 Bus: Malang – Lamongan – Bojonegoro

1 Bus: Malang – Lamongan -Tuban

1 Bus: Malang – Probolinggo – Situbondo – Banyuwangi

1 Bus: Malang – Probolinggo – Lumajang – Jember – Banyuwangi (Penuh)

1 Bus: Malang – Bangkalan

1 Bus: Malang – Sampang – Pamekasan

1 Bus: Malang – Sampang – Pamekasan – Sumenep

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.