Sukses

Profil Tiga Calon Pemain Anyar Timnas Indonesia Hasil Naturalisasi yang Sudah Disetujui DPR

Komisi III DPR RI menyetujui permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan atau naturalisasi terhadap tiga calon pemain Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia setelah diajukan oleh pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi III DPR RI menyetujui permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan atau naturalisasi terhadap tiga calon pemain Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia setelah diajukan oleh pemerintah.

Tiga pemain itu yakni Ragnar Oeratmangoen, Thom Jan Haye, dan Marteen Paes.

Penyetujuan itu terjadi dalam Rapat Kerja DPR bersama sejumlah kementerian terkait permohonan naturalisasi tersebut di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis 7 Maret 2024.

"Apakah Komisi III DPR RI dapat menyetujui permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia, atas nama Ragnar Antonius Maria Oeratmangoen, Thom Jan Marinus Haye, dan Marteen Vincent Paes, untuk selanjutnya diproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan?" kata Wakil Ketua Komisi III DPR RI Habiburokhman.

"Setuju," kata hadirin Anggota Komisi III DPR RI.

Saat rapat, sejumlah Anggota DPR yang mewakili fraksi-nya masing-masing menyetujui pemberian status kewarganegaraan tersebut setelah menyampaikan sejumlah aspirasinya.

Adapun fraksi yang setuju, di antaranya Partai Golkar, PKB, PDIP, hingga PAN. Sementara itu, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM Cahyo Rahadian mengatakan ketiga pemain asal Belanda itu memiliki darah atau garis keturunan dari Indonesia. Ketiganya diajukan untuk dinaturalisasi demi membuat Timnas Sepak Bola Indonesia lebih berprestasi.

"Permohonan kewarganegaraan tersebut telah melalui pemeriksaan dan penelitian oleh tim pemeriksa dan peneliti pemberian kewarganegaraan," tutur Cahyo.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Berikut Profil Tiga Calon Pemain Timnas Indonesia Hasil Naturalisasi: 

3 dari 5 halaman

1. Thom Haye

Sedangkan, Thom Haye (28) merupakan gelandang klub Herrenveen (Belanda) yang memiliki darah Indonesia dari kakek yang berasal dari Sulawesi dan nenek yang berasal dari Solo. 

Thom bahkan sudah mendarat di Indonesia, Kamis (28/12) melalui Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang.

"Senang akhirnya bisa tiba di Indonesia. Ya, memperkuat timnas Indonesia akan menyenangkan,dan itu akan terjadi. Saya hanya perlu menjalani prosesnya saja. Saya masih percaya diri hal itu akan terjadi," kata Thom Haye.

Thom Haye lahir 9 Februari 1995 adalah pesepak bola profesional berkebangsaan Belanda keturunan Indonesia yang bermain sebagai gelandang untuk klub Eredivisie Heerenveen.

4 dari 5 halaman

2. Maarten Paes

Maarten Paes (25) mempunyai darah Indonesia dari garis keturunan neneknya yang merupakan orang Maluku.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkapkan, Maarten telah meminta izin kepada nenek dan kedua orang tuanya untuk membela Indonesia.Keputusan yang diambil dari pemain berusia 25 tahun tersebut membuat mereka terharu dan bangga .

“Ketika dia (Maarten) ketemu nenek dan orang tuanya untuk pamitan memperkuat tim Indonesia, nangis (terharu) keluarganya. Jadi dia memutuskan untuk memperkuat (timnas Indonesia),” ungkap Erick Thohir pada 9 Januari 2024.

Maarten lahir di Nijmagen, Belanda, pada 14 Mei 1998 dan saat ini tengah berkiprah di klub divisi pertama liga Amerika Serikat, FC Dallas.

Sebelumnya Maarten pernah memperkuat NEC Nijmagen sebelum berseragam Jong Utrecht dan mendapatkan promosi ke tim utama.

Selama memperkuat FC Utrecht, Maarten tercatat telah tampil sebanyak 44 kali di Liga Belanda.

Kini Maarten yang bermain untuk FC Dallas tampil cukup impresif dengan mencatatkan 66 kali penampilan dengan 16 kali nirbobol dan rerata 1,01 kebobolan per pertandingan.

Maarten juga tercatat pernah memperkuat timnas Belanda di hampir semua kelompok usia mulai dari U-19, U-20 dan U-21.

5 dari 5 halaman

3. Ragnar Oratmangoen

Ragnar Oratmangoen (26) merupakan pemain berposisi penyerang atau winger yang saat ini membela klub Fortuna Sittard (Belanda) dengan status pinjaman dari Groningen.

Ia memiliki darah Indonesia dari kakek yang berasal dari Maluku.

Pada September 2021, Ragnar Oratmangoen pernah menyatakan tertarik memperkuat Timnas Indonesia. Namun ketika itu, ia ingin lebih dulu melihat banyak pemain Indonesia yang beredar di kompetisi Eropa demi bisa menaikkan level permainan Skuad Garuda.

Dua tahun berselang, Ragnak Oratmangoen datang ke Indonesia untuk menjalani proses naturalisasi. Kehadirannya bakal menambah banyak pemain keturunan yang dinaturalisasi untuk bisa memperkuat Skuad Garuda.

"Ragnar yang bermain di kasta tertinggi Liga Belanda, Eredivisie bersama Fortuna Sittard punya komitmen membela Merah Putih. Semoga Ragnar bisa ikut memberikan kontribusi untuk sepak bola Indonesia,” tulis Erick Thohir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.