Sukses

Lestarikan Budaya Tradisional Betawi, Atma Jaya Gelar Pementasan Lenong

Terdapat beberapa rangkaian acara yang termuat dalam program tersebut, di antaranya adalah Seminar Revitalisasi Lenong, Pemutaran Film Di Balik Layar Pementasan Lenong dan diakhiri dengan puncak acara yaitu Pertunjukan Lenong.

 

Liputan6.com, Jakarta Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UAJ) melalui Pusat Ketangguhan dan Pembangunan Keluarga Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya (PKPK FPUAJ) bekerja sama dengan komunitas dan organisasi masyarakat di bidang seni, menggelar program pelestarian dan revitalisasi seni budaya betawi lenong di Pusat Pelatihan Seni Budaya (PPSB) Kisam Dji’un Jakarta Timur.

Terdapat beberapa rangkaian acara yang termuat dalam program tersebut, di antaranya adalah Seminar Revitalisasi Lenong, Pemutaran Film Di Balik Layar Pementasan Lenong dan diakhiri dengan puncak acara yaitu Pertunjukan Lenong.

“Revitalisasi Lenong adalah sebuah gerakan konkret yang kami buat untuk menyadarkan masyarakat pentingnya eksistensi kebudayaan lokal di masa depan. Untuk meningkatkan kesadaran ini, kami melibatkan anak muda untuk terlibat dan berpartisipasi aktif di dalam seluruh prosesnya,' ujarnya .

Rektor UAJ Yuda Turana menyatakan, budaya lenong dapat menjadi sarana komunikasi efektif dalam menyampaikan berbagai pesan konstruktif dan kritis dengan menggunakan bahasa yang santai dan jenaka.

“Budaya lenong sangat menarik. Bagaimana pesan komunikasi yang lugas dan tajam dengan membahas topik sehari-hari namun dilandasi kejujuran berpikir serta kejenakaan situasi. Lenong juga membahas berbagai situasi kondisi masyarakat dengan berbagai permasalahan yang sangat dekat dengan keseharian kehidupan,” ucap Yuda, Rabu (6/3/2024).

Yuda turut menghargai dan mengapresiasi kinerja panitia dan seluruh pihak yang terlibat untuk mewujudkan kegiatan seni ini.

Menurut beliau, kegiatan ini bisa menginspirasi praktik-praktik seni lainnya agar dapat berkembang mengikuti zaman dan memanfaatkan sistem teknologi informasi serta media sosial yang populer saat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Konkret

Partisipasi UAJ dalam acara Pementasan Lenong ini merupakan langkah konkret dalam mendukung visi pemerintah untuk melestarikan kekayaan budaya Indonesia.

UAJ bersama pemerintah, khususnya DinasKebudayaan DKI Jakarta berkomitmen untuk tidak hanya menjadi pemangku kepentingan tetapi juga sebagai pelaku aktif dalam menjaga dan mengembangkan warisan budaya Betawi, sehingga dapat terus dinikmati oleh generasi masa depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.