Sukses

Riset Keamanan Pangan, Dosen Atma Jaya Sabet Penghargaan ITSF 2024

Dosen Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya (UAJ) Diana Elizabeth Waturangi meraih penghargaan melalui risetnya tentang keamanan pangan dalam ajang Science and Technology Award dari Indonesia Toray Science Foundation (ITSF) di Jakarta, Selasa (27/2/2024).

Liputan6.com, Jakarta Dosen Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya (UAJ) Diana Elizabeth Waturangi meraih penghargaan melalui risetnya tentang keamanan pangan dalam ajang Science and Technology Award dari Indonesia Toray Science Foundation (ITSF) di Jakarta, Selasa (27/2/2024).

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Laksana Tri Handoko, Duta Besar Jepang untuk Indonesi Yasushi Masaki, plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, danTeknologi (Dirjen Dikti) Nizam serta Senior Vice President Toray Industries Inc Japan, Shigeki Taniguchi.

Penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas dedikasi Waturangi dalam menghadirkan solusi yang berkelanjutan untuk meningkatkan keamanan pangan di Indonesia. Penelitiannya telah menyoroti berbagai aspek penting terkait pengawasan mutu dan keamanan pangan yang secara langsung mendukung upaya-upaya untuk memastikan masyarakat mendapatkan akses terhadap makanan yangaman dan sehat.

“Penelitian ini bukan hanya tentang pencapaian individu tetapi merupakan hasil dari kolaborasi dan dukungan berbagai pihak termasuk rekan sejawat, UAJ serta lembaga dan industri terkait. Saya percaya bahwa keberhasilan ini akan memberikan dorongan bagi kita semua untuk terus bergerak maju menjawab tantangan kompleks terkait keamanan pangan di negara kita,” ucap Diana Waturangi.

Penelitian Diana Waturangi ini berfokus pada penanggulangan bakteri patogen penyebab penyakit melalui makanan dan akuakultur beserta biofilmnya menggunakan antibiofilm dan bakteriofag sebagai alternatif dalam menyelesaikan masalah penyakit manusia yang disebabkan oleh bakteri.

Melalui penelitian tersebut, Waturangi berhasil membuat terobosan yang dapat dapat diterapkandan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas keamanan pangan di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukti Komitmen UAJ

Prestasi ini turut mendapat apresiasi dari Rektor UAJ Yuda Turana. Menurutnya,  capaian ini menjadi bukti komitmen UAJ untuk konsisten berkontribusi dalamperkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia.

“Penelitian Prof. Diana Waturangi menjadi wujud kualitas penelitian yang dihasilkan oleh tenaga pendidikUAJ serta dampak langsungnya pada masyarakat. Kami bangga atas pencapaiannya yang gemilang danberharap ini akan menjadi inspirasi bagi generasi berikutnya. Selamat kepada Prof. Diana Waturangi.Teruslah memotivasi dan berinovasi!” tuturnya.

Sebagai informasi, Prof. Waturangi juga telah menerbitkan berbagai penelitian terkait dengan patogenyang ditularkan melalui makanan, resistensi antibiotik, antibiofilm, dan bakteriofag di berbagai buku danjurnal internasional bereputasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.