Sukses

Layanan Adminduk di Banyuwangi Tetap Buka pada Hari H Coblosan Pemilu 14 Februari Besok

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Banyuwangi tetap membuka layanan pengurusan dokumen administrasi kependudukan selama libur Imlek dan Isra Mikraj, 8-11 Februari 2023.

Liputan6.com, Banyuwangi - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Banyuwangi tetap membuka layanan pengurusan dokumen administrasi kependudukan selama libur Imlek dan Isra Mikraj, 8-11 Februari 2023.

Layanan serupa juga akan dilakukan pada saat libur coblosan Pemilu 14 Februari 2024. Warga tetap bisa memanfaatkan layanan selama masa liburan tersebut. 

"Tidak hanya saat ini saja, tiap masa liburan atau long weekend kami membuka layanan, agar masyarakat punya alternatif waktu untuk mengurus dokumen kependudukannya," kata Kepala Dispendukcapil Banyuwangi Juang Pribadi, Selasa (13/2/2024). 

Selain itu, pelayanan administrasi kependudukan digelar selama libur panjang kali ini juga untuk turut menyukseskan Pemilu 2024.

Instruksi membuka pelayanan saat libur panjang Isra Miraj dan Hari Raya Imlek yang bertepatan menjelang akhir pekan itu juga diatur melalui Surat Edaran Kemendagri 400.8.1.2/1615/Dukcapil.

"Banyak juga masyarakat yang memanfaatkan momen libur panjang untuk mengurus berbagai layanan kependudukan itu," kata Juang.

Selama empat hari libur panjang, layanan pengurusan administrasi kependudukan dibuka di empat lokasi. Yakni Kantor Disdukcapil di Banyuwangi, Kantor Kecamatan Siliragung, Genteng, Sempu, dan Muncar.

Selain pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el), selama musim libur panjang Dispendukcapil melayani melayani perekaman KTP-el dan aktivitasi identitas kependudukan digital (IKD).

Disdukcapil Banyuwangi mencatat, sebanyak 330 warga mengurus pencetakan KTP-el dalam rentang waktu empat hari itu. Mereka memanfaatkan momen libur untuk mengurus pembuatan kartu kependudukan tersebut.

Selain itu, ada juga 103 warga yang melakukan perekaman KTP-el di berbagai lokasi layanan. Termasuk di Kantor Disdukcapil Banyuwangi. Sementara jumlah warga yang mengurus aktivasi IKD sebanyak 81 orang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berharap Bisa Dimanfaatkan Warga

"Layanan di kantor kecamatan dimulai pukul delapan pagi sampai dua siang. Sementara untuk di Kantor Disdukcapil, layanannya lebih panjang. Yakni ada tambahan pukul enam malam hingga sembilan malam," imbuh dia.

Selain itu, layanan serupa juga akan digelar pada libur hari pencoblosan 14 Februari 2024 mendatang. Juang berharap, masyarakat bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk mengurus berbagai keperluannya terkait administrasi kependudukan.

"Kami telah menyiapkan tenaga pelayanan khusus untuk melayani masyarakat di hari libur. Jadi masyarakat yang sekiranya hanya memiliki waktu senggang saat libur, bisa memanfaatkan layanan kami ini," tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.