Sukses

Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang Diterjang Banjir Lahar Gunung Semeru, Wisatawan Asing Sempat Terjebak

Berdasarkan rekaman video amatir yang diambil oleh warga, material banjir lahar dengan dahsyat menerjang hingga membuat aliran air terjun berwarna coklat dengan debit air yang sangat besar.

Liputan6.com, Lumajang - Banjir lahar Gunung Semeru menerjang wisata air terjun Tumpak Sewu di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.

Berdasarkan rekaman video amatir yang diambil oleh warga, material banjir lahar dengan dahsyat menerjang hingga membuat aliran air terjun berwarna coklat dengan debit air yang sangat besar.

Terlihat dalam video tersebut, banjir lahar hujan berwarna cokelat mengalir deras di Kali Glidik hingga tumpah ke Dasar Air Terjun Tumpek Sewu.

Dalam video itu juga terdengar teriakan warga. Mereka berteriak banjir sebagai bentuk peringtan berkali- kali hingga banjir lahar dingin itu benar- benar menerjang air terjun Tumpak Sewu tersebut.

“Banjir, banjir, banjir,” teriak warga dalam video amatir itu, Kamis (1/2/2024).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang Yuli Harismawati membenarkan bahwa wisata air terjun Tumpak Sewu diterjang banjir lahar hujan Gunung Semeru.

Berdasarkan data di lapangan ada 9 orang wisatawan asal Bali dan China yang sempat terjebak akibat peristiwa banjir lahar semeru.  Para wisatawan tersebut dipastikan sudah dievakuasi oleh petugas dalam keadaan selamat.

“Banjir lahar Gunung Semeru di lokasi wisata Tumpek Sewu memang mengakibatkan 9 orang wisatawan terjebak. Tapi setelah surut sudah berhasil divekuasi dalam kondisi selamat,”papar Yuli.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

9 Wisatawan Asal Bali dan China Terjebak

Yuli menambahkan, pada saat peristiwa itu terjadi wisatawan masih diperbolehkan masuk hingga turun ke dasar air terjun karena cuaca saat itu memang cerah dan tidak ada tanda-tanda bakal turun hujan.

Namun ternyata hujan lebat mengguyur wilayah sekitar Gunung Semeru sehingg terjadi Banjir Lahar Gunung Semeru yang terus mengalir ke Kali Glidik hingga tumpah ke dasar Air Terjun Tumpek Sewu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.