Sukses

6 Destinasi Sport Tourism Menggugah Adrenalin yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Jatim

Jawa Timur mempunyai beragam tema wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dari lokasi yang biasa hingga destinasi sport tourism yang menggugah adrenalin.

 

Liputan6.com, Surabaya - Jawa Timur mempunyai beragam tema wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dari lokasi yang biasa hingga destinasi sport tourism yang menggugah adrenalin.

Bagi para pencinta wisata petualangan, berikut adalah enam destinasi sport tourism menarik yang dihimpun dari berbagai sumber di Jawa Timur:

1. Trail Running Gunung Bromo 

Gunung Bromo bukan hanya menjadi ikon alam, tetapi juga destinasi trail running yang menantang. Menyusuri lautan pasir dan melewati kawah vulkanik memberikan pengalaman lari yang unik di ketinggian.

2. Surfing di Pantai Plengkung 

Pantai Plengkung di Banyuwangi menjadi surga bagi para surfer. Ombak yang tinggi dan konsisten menjadikan pantai ini salah satu destinasi surfing terbaik di dunia.

3. Rafting di Sungai Pekalen

Arung Jeram yang Menggairahkan: Sungai Pekalen di Probolinggo menyajikan tantangan arung jeram yang menggairahkan. Menembus jeram-jeram yang mendebarkan dengan pemandangan alam yang menakjubkan membuat pengalaman rafting semakin seru.

4. Paralayang di Gunung Batu  

Gunung Batu, Batu, menyuguhkan pengalaman paralayang yang tak terlupakan. Dengan pandangan indah kota Batu dan alam sekitarnya, aktivitas ini cocok bagi para pecinta olahraga ekstrem.

5. Trekking Gunung Semeru

Semeru, gunung tertinggi di Pulau Jawa, menawarkan trekking yang menantang. Menaklukkan puncaknya, Mahameru, menjadi prestasi tersendiri bagi para pecinta petualangan.

6. Sepeda Gunung di Taman Nasional Baluran  

Taman Nasional Baluran di Situbondo menjadi tempat yang ideal untuk bersepeda gunung. Medan yang beragam, mulai dari hutan savana hingga rawa-rawa, menantang kepiawaian para pengendara sepeda gunung.

Dengan destinasi sport tourism yang beragam, Jawa Timur menyajikan petualangan-petualangan yang tak terlupakan bagi para pecinta olahraga ekstrem.

Setiap destinasi memberikan pengalaman yang unik dan menyatu dengan keindahan alam Jawa Timur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kolaborasi Olahraga dan Pariwisata

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo mendorong Indonesia Sport and Special Interest Tourism Association (ISSITA) untuk membantu peningkatan ekonomi Jawa Timur dengan kolaborasi olahraga dan pariwisata.

"Di Jatim kan banyak wisata alam seperti di Bromo, yang sekarang sudah didapuk sebagai salah satu wisata alam yang paling indah di dunia, luar biasa, itu bisa kita dorong. Selain itu tentunya masih banyak lagi," ujarnya usai pelantikan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) ISSITA Jatim di Surabaya, Minggu (28/1/2024).

Angela mengungkapkan, potensi wisata dan olahraga yang ada di Jatim itu bisa dimanfaatkan dengan baik untuk bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

"Yang pasti saya berharap, ISSITA bisa berkolaborasi dengan Kemenparekraf, untuk kita bersama-sama membangun sport tourism di seluruh Indonesia, salah satunya di Jatim," ucapnya.

Ketua DPD ISSITA Jatim, Rony Candra menambahkan, untuk Jatim pihaknya akan segera memetakan untuk bisa memanfaatkan potensi pariwisata dan olahraga.

"Bahwa potensi Jatim sangat besar, karena potensi ini sudah digarap berbagai pemerintah kota, ini harus kita kembangkan untuk menjadi motor penggerak Indonesia," ujarnya.

"Hal ini menjadi tanggung jawab dari ISSITA, untuk paling tidak, ini akan menjadi peningkatan di daerah-daerah. Kita tahu bahwa kolaborasi-kolaborasi itu dibutuhkan," pungkas Rony. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.