Sukses

Pengerjaan Jembatan Kaca Seruni Poin di Kawasan Bromo Tuntas, Siap Diresmikan Jokowi Januari 2024

Jembatan kaca Seruni Poin yang berada di kawasan wisata Bromo telah rampung pengerjaanya. Saat ini jembatan yang akan menjadi salah satu ikon Kabupaten Probolinggo terus dilakukan finising dan uji coba.

Liputan6.com, Probolinggo - Jembatan kaca Seruni Poindi kawasan wisata Gunung Bromo telah rampung pengerjaanya. Saat ini jembatan yang akan menjadi salah satu ikon Kabupaten Probolinggo, tengah dilakukan uji coba.

Rencananya, peresmian sekaligu pembukaan jembatan Seruni Poin akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Konsultan Individu dari Balai Prasarana Pemukiman Wilayah (BPPW) Jawa Timur, Ary Munandar, saat ini di kawasan jembatan masih dilakukan proses Pembangunan rest area di pintu masuk dan keluar jembatan kaca kaca tersebut.

“Tapi meski sudah rampung, peresmiannya menunggu pemerintah pusat karena itu wewenang mereka, jadi kita tunggu saja,” ujarnya, Jumat (15/12/2023).

Pemkab Probolinggo melalui laman Instagram resminya @endlessprobolinggo juga menuliskan, saat ini di jembatan Seruni Poin sedang dilakukan uji coba operasional jembatan oleh pihak Kementrian PUPR.

Uji coba itu diikuti oleh para pejabat dari Kementerian PUR, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Pemkab Probolinggo.

“Rencana jembatan kaca Seruni Poin ini akan dibuka untuk umum setelah diresmikan Presiden Joko Widodo. Untuk peresmianya rencananya dilakukan pada Januari 2024 akan datang,” tulis Pemkab Probolinggo, melalui laman resminya.

Untuk rencana awal dibuka, pengunjung akan dibatasi secara bertahap. Sekitar 30-50 persen dari kapasitas daya tampung. Pengunjung akan diatur untuk tidak melebihi 30 menit di atas jembatan, nantinya para pengunjung akan diberi tahukan untuk  keluar dari kawasan jembatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Animo Masyarakat Tinggi

Jembatan kaca Seruni Poin Bromo berada di Dusun Seruni, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Memilki panjang 120 meter dan lebar 1,8 meter pada bagian utama.

Dilengkapi dengan kaca pengaman berlapis  dengan ketebalan 25,55 milimeter juga double protection steel, agar lebih tahan terhadap karat.

Atensi masyarakat terhadap jembatan kaca seruni poin ini sangat tinggi. Sudah beberapa kali, wisatawan yang datang ke lokasi, berharap jembatan kaca segera dibuka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.