Sukses

3.278 Personel Gabungan Siaga Amankan Pilkades Serentak di 51 Desa di Banyuwangi Hari Ini

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Deddy Foury Millewa mengatakan, Operasi pengamanan Pilkades ini melibatkan unsur Polri, TNI, Brimob, Satpol PP hingga Linmas. Mereka disiagakan di 702 tempat pemungutan suara (TPS).

Liputan6.com, Banyuwangi - Sebanyak 3.278 personel gabungan diterjunkan untuk menjaga kondusifitas pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Banyuwangi di 51 Desa di Banyuwangi, pada 25 Oktober 2023.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Deddy Foury Millewa mengatakan, Operasi pengamanan Pilkades ini melibatkan unsur Polri, TNI, Brimob, Satpol PP hingga Linmas. Mereka disiagakan di 702 tempat pemungutan suara (TPS).

Dari hasil pemetaan yang sudah dilakukan kepolisian, terdapat beberapa TPS katagori rawan yang akan dijaga lebih ketat dengan penambahan personel dari Brimob. Diantarnaya di wilayah Kecamatan Kalibaru, Singonjuruh, Muncar, dan Pesanggaran.

“Tidak ada TPS aman, yang ada itu rawan, sangat rawan, dan rawan sekali. Itu dari catatan kepolisian tidak bisa kita umbar. Intinya tetap kita tempatkan personel dan penambahan dari Brimob di TPS yang rawan sekali,” ujarnya Selasa (24/10/2023).

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menambahkan, pihaknya meminta seluruh personel saling bersinergi dan berkoordinasi untuk menajaga kondusifitas selama Pilkades.

“Segera kenali, cari, temukan, dan netralisir kerawanan, bertindaklah secara tegas  namun humanis terhadap pelanggaran hukum, serta selalu adaptif, dan siap siaga atas setiap perusahan dinamika yang terjadi pada saat kegiatan pengamanan,”paparnya

Kata Ipuk, Operasi Mantab Praja Gandrung 2023 ini diharapkan dapat menjaga kondusifitas dan kelancaran pelaksanaan Pilkades serentak 2023

“Semoga Pilkades tahun ini bisa lancar dan kondusif, masyarakat tetap merasa aman dan hasilnya pun sesuai dengan harapan masyarakat,”tegasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anggaran Pilkades Capai Rp6,6 miliar

Pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Banyuwangi akan diikuti 51 desa yang tersebar di 23 kecamatan. Sebanyak 202 calon bakal bertarung dalam pemilihan tingkat desa tersebut.

Anggaran pelaksanaan Pilkades telah dialokasikan dari dana APBD 2023 sebesar Rp. 6.684 miliar.

Berdasarkan data dari DPMD, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkades serentak pada tanggal 25 Oktober 2023 mendatang yaitu 309.503 dari 188 dusun di 51 desa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.