Sukses

Diresmikan Khofifah, Gedung Poskal Bakal Jadi Wisata Religi Lengkap dengan Miniatur Ka'bah dan Bukit Shafa-Marwah

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan gedung Planetarium dan Observatorium Astronomi Karangasem Lamongan (Poskal) di Desa Sendang Agung, Paciran, Lamongan, Jumat (20/10/2023).

Liputan6.com, Lamongan - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan gedung Planetarium dan Observatorium Astronomi Karangasem Lamongan (Poskal) di Desa Sendang Agung, Paciran,  Lamongan, Jumat (20/10/2023).

Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan dilanjutkan dengan pengguntingan pita didampingi Anggota DPR RI Zainudin Maliki, Ketua PW Muhammadiyah Jawa Timur Sukadiono dan Pengasuh Ponpes Karangasem KH. Ahmad Hakam Mubarak.

Khofifah menyambut baik hadirnya Gedung Poskal ini. Bahkan ia menyebut gedung tersebut mampu menjadi inspirasi implementasi ilmu pengetahuan melalui eksperimen-eksperimen. Utamanya yang berkaitan dengan ilmu astronomi.

"Nantinya masyarakat umum bisa melakukan prosesimplementasi dan ekperimentasi keilmuan di sini. Sambil menunggu alatnya dilengkapi, tapi proses eksperimentasinya nanti disini, Jadi nyambung antara ilmu dan amal," ujarnya, dikutip dari akun Instagramnya, Sabtu (21/10/2023).

"Gedung ini masih perlu dilengkapi dengan berbagai alat dan fasilitas yang nanti akan mendukung proses eksperimentasi dari implementasi ilmu astronomi. Satu diantaranya adalah alat-alat yang akan membantu proses rukyatul hilal atau penentuan awal bulan Hijriyah melalui pemantauan munculnya bulan," sambungnya.

 

Khofifah menjelaskan ke depan Gedung Poskal ini juga akan menjadi destinasi wisata yang melengkapi wisata religius yang ada di Kabupaten Lamongan. Dimana nantinya di sini akan dilengkapi dengan miniatur Ka'bah dan bukit Shafa dan Marwah.

"Lokasi ini akan menjadi sentra destinasi wisata religi karena akan ada prototipe Ka'bah. Juga jadi prototipe sai, karena ada Shafa marwah. Maka yang harus disiapkan tentu format-format pendukungnya. Apalagi di sekitar tempat ini dekat destinasi wisata lainnya," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembangunan Telan Rp 5 Miliar

 

Pengasuh Ponpes Karangasem KH Abdul Hakam Mubarrok menyatakan, gedung Poskal ini dibangun diatas lahan seluas 1,5 hektar dan menelan biaya lebih dari Rp 5 Miliar. Ia berterimakasih kepada Gubernur Khofifah lantaran pembangunan gedung ini juga berkat andil besar gubernur.

"Mudah-mudahan ibu Gubernur diberikan kesehatan bisa melanjutkan program-program di Jawa Timur, bisa lebih bermanfaat, insyaallah apa yang dikatakan ibu Gubernur khoirunnas 'anfauhum linnas termasuk Ibu Gubernur adalah orang terbaik dan bisa memberikan kebaikan-kebaikan kepada masyarakat," Kata Kiai Mubarrok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.