Sukses

Unair Suntik Perdana Vaksin Covid-19 untuk Umum, Khusus 18 Tahun ke Atas

Universitas Airlangga (Unair) Surabaya melakukan penyuntikan vaksin Covid-19 INAVAC perdana kepada masyarakat umum bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Republik Indonesia.

Liputan6.com, Surabaya - Universitas Airlangga (Unair) Surabaya melakukan penyuntikan vaksin Covid-19 INAVAC perdana kepada masyarakat umum bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Republik Indonesia.

"Perayaan kemerdekaan kali ini sebagai momentum kebangkitan ekonomi yang semakin bagus dan harus bisa tetap terjaga. Jika ada tantangan apapun, aktivitas dan ekonomi masyarakat harus bisa berjalan," katanya, Kamis 17 Agustus 2023. 

Oleh karena itu Unair memiliki inisiatif memberikan pelayanan vaksin INAVAC secara gratis kepada masyarakat. Pelayanan ini turut bekerja sama dengan Rumah Sakit (RS) Unair. 

"Unair berinisiatif meningkatkan capaian vaksin bisa lebih banyak lagi, sehingga ketahanan masyarakat bisa tetap terjaga," ujarnya. 

Nasih mengimbau seluruh masyarakat yang belum divaksin COVID-19 baik dosis awal atau booster untuk segera vaksin menggunakan INAVAC. 

"Kawan-kawan semuanya agar kita punya ketahanan dan imun yang baik, bagi masyarakat yang belum vaksin atau booster untuk melakukan vaksin INAVAC secara gratis," tuturnya. 

Saat ini, lanjut dia, vaksin INAVAC diperuntukan bagi usia 18 tahun ke atas.

Nasih menambahkan bahwa vaksin INAVAC sedang proses uji klinis tahap 3 sebelum disuntikkan kepada remaja dan anak-anak. Ia menegaskan, bahwa Unair siap memenuhi permintaan masyarakat terkait stok vaksin yang dibutuhkan. 

"Berapapun kebutuhannya (vaksin INAVAC) kami siapkan. Kami ingin masyarakat punya ketahanan imun yang bagus jadi kalau ada ancaman bisa kuat karena sudah divaksin," katanya. 

Sementara Rahmadanti salah seorang peserta vaksinasi mengatakan bahwa ia memilih vaksin INAVAC sebagai booster karena percaya terhadap kualitas vaksin buatan Unair. 

"Saya sadar diri belum booster kedua jadi belum terproteksi dengan lengkap. Saya juga yakin bahwa vaksin milik Unair ini aman untuk digunakan," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1,2 Juta Vaksin Inavac Telah Disebar

Vaksin COVID-19 buatan anak bangsa Inavac yang diproduksi PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia (PT Biotis) telah didistribusikan ke seluruh Indonesia. Dari lima juta dosis vaksin Inavac yang dipesan pemerintah, 1,2 juta telah disebar ke Nusantara.

"Menteri Kesehatan telah mengeluarkan Surat Keputusan pembelian Inavac lima juta dosis. Lalu, 1,2 juta dosis sudah terealisasi dan disebar ke seluruh provinsi," kata Direktur Utama PT Biotis FX Sudirman di Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Selasa (30/5/2023).

Saat ini PT Biotis tengah melakukan produksi sekitar 3,7 juta vaksin Inavac. Sehingga, diharapkan program vaksinasi baik primer dan booster di Indonesia bisa berjalan lancar demi memperkuat imunitas masyarakat.

"Sehingga bisa me-refill (mengisi ulang) kebutuhan di masyarakat," lanjut Sudirman di sela-sela vaksinasi massal dengan vaksin Inavac.

Selama proses produksi vaksin Inavac, Sudirman menegaskan bahwa kualitas dan keamanan vaksin tersebut bakal terus dipantau.

"Tetap kita perhatikan dari sisi kualitas. Serta efikasi dan safety (keamanan) juga tetap dipertahankan," lanjut Sudirman.

Vaksin Inavac merupakan vaksin COVID-19 yang dikembangkan di dalam negeri dengan platform inactivated oleh peneliti Universitas Airlangga bekerja sama dengan PT Biotis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.