Sukses

Perindo Sorong TGB Jadi Cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, Figur Ulama Nasionalis

Partai Perindo menyodorkan sejumlah nama Calon Wakil Presiden (Cawapres) kepada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Salah satu nama tersebut adalah Tuan Guru Bajang (TGB) yang bakal mendampingi Calon Presiden (Capres) dari PDIP, Ganjar Pranowo.

Liputan6.com, Surabaya - Partai Perindo menyodorkan sejumlah nama Calon Wakil Presiden (Cawapres) kepada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Salah satu nama tersebut adalah Tuan Guru Bajang (TGB) yang bakal mendampingi Calon Presiden (Capres) dari PDIP, Ganjar Pranowo.

Ketua Harian DPP Pemuda Perindo, Michael V Sianipar menyatakan, Partai Perindo menyerahkan sepenuhnya keputusan cawapres pendamping Ganjar Pranowo kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri.

"Karena itu memang bagian dari kesepakatan kerjasama politik untuk mendiskusikan bersama. Kami juga sangat senang bahwa PDIP membuka ruang diskusi tersebut," ujarnya di Surabaya, Jumat (14/7/2023) malam.

Michael mengungkapkan, saat ini ada nama-nama yang digodok dari para pimpinan partai politik. Partai Perindo juga menyodorkan beberapa nama, terutama Tuan Guru Bajang (TGB) sebagai salah satu kandidat cawapres.

"Pak TGB ini mempunyai pengalaman 10 tahun menjadi Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) dan pernah juga di legislatif. Jadi kalau berbicara tentang pemahaman legislatif, Pak TGB sudah sangat terasa," ucapnya.

Michael mengatakan, TGB juga merupakan sosok ulama yang nasionalis dan sejalan dengan pemikiran partai Perindo dan ingin mewujudkan cita-cita untuk bangsa Indonesia.

"Jadi kami berharap Pak TGB bisa dipertimbangkan, diperhitungkan. Dan tentunya kita menunggu kabar tersebut karena pada bulan September mendatang akan ada pengumuman cawapres pendamping Pak Ganjar Pranowo," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keputusan di Tangan Megawati

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Perindo Ahmad Rofiq mengatakan, partai pendukung bakal calon presiden Ganjar Pranowo akan memberikan usulan siapa bakal cawapres yang mendampingi Ganjar di Pilpres 2024 kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Ya tentu para partai politik yang berkoalisi di sini akan memberikan masukan terkait dengan cawapres siapa yang paling tepat," kata Rofiq usai rapat bersama partai pendukung Ganjar di Kantor Rumah Aspirasi, Kamis (6/7/2023).

Namun demikian, parpol pendukung, menurut Rofiq, menyadari keputusan final soal cawapres Ganjar Pranowo berada di tangan Megawati.

"Memang hari ini banyak yang berkembang soal nama-nama cawapres, pasti masing-masing partai juga pada saatnya juga akan memberikan usulan, soal keputusan terakhir tentu lebih kepada bu Mega dan Mas Ganjar sebagai calon presiden," ujar Rofiq. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.