Sukses

Gibran soal Maju Pilkada Jateng atau Jakarta: Nggak Pilih Mana-Mana, Masih Banyak Kerjaan di Solo

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengaku belum menentukan pilihan untuk maju ke Pilgub Jateng maupun Pilgub DKI Jakarta pada 2024 nantinya. Dia berkilah masih banyak pekerjaan di Solo yang harus diselesaikan.

Liputan6.com, Jakarta - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengaku belum menentukan pilihan untuk maju ke Pilgub Jateng maupun Pilgub DKI Jakarta pada 2024 nantinya. Dia berkilah masih banyak pekerjaan di Solo yang harus diselesaikan.

"Nggak pilih mana-mana. Saya masih di sini (Solo), masih banyak pekerjaan lho ya. Nggak usah mikirke ngono kuwi ya (tidak usah memikirkan seperti itu)," katanya, Selasa (27/6/2023), dikutip dari Antara.

Menurut dia, Jawa Tengah maupun DKI Jakarta bukan dirinya yang memutuskan melainkan warga. 

"Nggak tahu, itu keputusan di warga bukan di saya, yang mutusi warga," katanya. 

Terkait dengan hasil survei Pilkada Jateng yang diselenggarakan oleh sejumlah lembaga survei, ia enggan banyak menanggapi.

"Ya nggak gimana-gimana," katanya. 

Gibran menambahkan, memenangkan kontestasi pemilihan gubernur bukan perkara mudah meski di tingkat Jawa Tengah. 

"Nggak ada kemenangan yang mudah ya, kemenangan itu harus diraih dengan pengorbanan," katanya.

Sebelumnya, nama Gibran Rakabuming Raka hingga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masuk dalam bursa bakal calon gubernur atau cagub DKI Jakarta hasil rembuk rakyat yang dilakukan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PSI William A Sarana menjelaskan, nama-nama tokoh di luar kader PSI itu muncul dalam program 'Rembuk Rakyat Jakarta'.

Rembuk Rakyat Jakarta untuk menentukan cagub pilihan warga Ibu Kota ini telah berjalan selama 2 bulan.

"Kita (Rembuk Rakya Jakarta) sudah berjalan, sudah 2 bulan. Jadi masyarakat Jakarta sudah memilih di acara Rembuk Rakyat, ada Mas Gibran, Bang Zaki, Ridwan Kamil, ada Grace Natalie, ada figur-figur lain," ujar William dalam diskusi Fraksi PSI DRPD DKI Jakarta bertajuk Mimbar Solidaritas, Selasa (20/6/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Duet dengan Bupati Kendal Dico Ganinduto

Survei Parameter Politik Indonesia yang dilakukan pada 2-11 Juni 2023 menunjukkan hasil duet Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dengan Bupati Kendal Dico Ganinduto sangat menjanjikan. 

Direktur Parameter Politik Ady Prayitno mengatakan Gibran merupakan calon gubernur Jateng paling potensial dengan elektabilitas menjulang. Sementara Dico merupakan cawagub paling banyak diminati untuk berdampingan dengan Gibran. 

"Duet Gibran-Dico sangat ideal. Keduanya gabungan tokoh muda populer. Ini barang bagus klo diseriusi cocok untuk duet jateng mendatang,” kata Adi Prayitno dalam paparan rilisnya, Kamis (22/06). 

Terbukti, duet Gibran dengan Dico jauh lebih unggul dibandingkan Gibran berduet dengan yang lainnya. Gibran-Dico mendapat 57.9%. Dico-Taj Yasin 53,9%, dan Dico-Hendrar Prihadi 55%. 

Bahkan dalam simulasi survei PPI ini, jika Gibran ditarik ikut pilkada DKI Jakarta, dan PDIP usung Hendrar Prihadi jadi cagub, pasangan yang pas bagi Hendrar adalah Dico. 

"Untuk cawagub Jateng. Dico paling menjulang tak ada lawan tanding. Dengan catatan Gus Yasin tak maju” kata Adi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.