Sukses

Terbang ke China, Wali Kota Sutiaji Boyong Produk UMKM Malang Go International

Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, akan memperkenalkan produk-produk buatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) ke pasar China dalam ajang Indonesia Fair yang digelar pada 10 Juni 2023 di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok.

 

Liputan6.com, Jakarta Ajang Indonesia Fair pada 10 Juni 2023 di Beijing, Tiongkok menjadi momentum bagi Pemkot Malang untuk memperkenalkan produk-produk buatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, peluang untuk memperkenalkan produk UMKM buatan Kota Malang ke pasar China tersebut akan dimanfaatkan sebagai ajang promosi yang optimal.

"Kami jadikan momentum UMKM Kota Malang go internasional. Artinya ini jadi awalan, kami promosikan, kami kenalkan agar produk Indonesia khususnya Kota Malang bisa diapresiasi di sana," kata Sutiaji, Kamis (8/6/2023).

Sutiaji menjelaskan, kunjungan ke Beijing yang merupakan undangan dari Kedutaan Besar Indonesia untuk China tersebut memang tidak diikuti dengan perwakilan UMKM Kota Malang. Namun, ia memastikan akan membawa produk-produk buatan UMKM Kota Malang.

Ia menambahkan, produk-produk UMKM yang akan diperkenalkan pada Indonesia Fair 2023 di Beijing tersebut, sebelumnya sudah dilakukan analisa terlebih dahulu. Promosi produk UMKM itu diharapkan bisa meningkatkan perkembangan perekonomian Kota Malang ke depan.

"Kami akan maksimalkan, karena ini merupakan peluang bagi kita semua," ujarnya.

Menurutnya, selain mempromosikan produk-produk buatan UMKM Kota Malang, pemerintah daerah juga akan memperkenalkan budaya yang ada di kota terbesar kedua di Jawa Timur tersebut. Semua peluang akan dimanfaatkan sebagai ajang promosi Kota Malang.

Dengan mempromosikan budaya Kota Malang di China itu, lanjutnya, diharapkan pada akhirnya mampu menarik kunjungan wisatawan asing. Hal itu bertujuan agar para calon wisatawan bisa mendapatkan sedikit gambaran terkait potensi wisata Kota Malang.

"Targetnya adalah bagaimana nanti Kota Malang juga menjadi destinasi pilihan bagi wisatawan asing," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tujuan Ekspor Non Migas Indonesia

Sutiaji beserta rombongan yang bertolak ke Beijing tersebut, telah mendapatkan izin dari Kementerian Dalam Negeri melalui surat dengan Nomor : 099/1647.e/SJ serta surat dari Gubernur Jawa Timur dengan nomor : 090/21001/011.3/2023.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), China merupakan negara tujuan utama ekspor nonmigas Indonesia. Tercatat, pada April 2023 ekspor nonmigas ke Tiongkok mencapai 4,26 miliar dolar AS, yang kemudian diikuti Amerika Serikat dengan nilai 1,57 miliar dolar AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.