Sukses

Cegah Potensi Tawuran, Polisi Batalkan Kejuaraan Silat di Tulungagung 

 

Liputan6.com, Tulungagung - Polres Tulungagung membatalkan kejuaraan silat daerah itu menyusul terjadinya tawuran antarperguruan silat yang menyebabkan kerusakan aset desa, mobil polisi serta puluhan rumah warga di Desa Sambitan Kecamatan Pakel. 

"Semua kegiatan yang berbau perguruan silat dilarang, termasuk kompetisi silat Bupati Cup," kata Kasat Intelkam Polres Tulungagung AKP Huwahila Wahyun Yuha di Tulungagung, Selasa 23 Mei 2023. 

Dikatakan, keputusan itu diambil dengan pertimbangan kamtibmas. Situasi pascakerusuhan antarperguruan silat yang terjadi pada Kamis 18 Mei dinilai belum kondusif. Laporan intelijen, masih ada potensi gesekan susulan karena bentrok yang terjadi beberapa waktu lalu meninggalkan dendam di masing-masing kubu.

Atas pertimbangan itulah kompetisi ditunda.  Sebab jika dipaksakan digelar, dikhawatirkan justru memicu bentrokan antarkelompok dan bisa semakin meluas. 

"Kegiatan Bupati Cup ditunda, sampai batas waktu yang belum ditentukan," katanya. 

Sekretaris Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Tulungagung Khoirul Huda mengatakan pembatalan ini menjadi kerugian bagi upaya pengembangan olahraga silat di Tulungagung. Banyak atlet yang benar-benar ingin menggembleng bakat dan berkompetisi dari level daerah menjadi terhambat. 

"Untungnya, kalau latihan masih diperbolehkan," kata Huda.

2 dari 2 halaman

Koordinasi dengan Perguruan Silat

Ia mengatakan kejuaraan silat Bupati Cup dijadwalkan digelar pada 29-31 Mei 2023. Pendaftaran atlet yang akan bertanding sudah dibuka dan akan ditutup pada 26 Mei 2023. 

Akibat penundaan kompetisi tersebut, pihaknya kini tengah berkoordinasi dengan ketua masing-masing perguruan silat. Huda mengatakan pemberitahuan penundaan yang dilakukan sampai batas waktu yang belum ditentukan. 

"Pokoknya sampai kondisi Tulungagung benar-benar aman," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.