Sukses

Deretan Atlet Muda Debutan yang Bersinar di Ajang SEA Games 2023, dari Cabor Triatlon hingga Bulu Tangkis

SEA Games 2023 di Kamboja tidak hanya menjadi milik atlet senior yang sudah malang melintang di sejumah event internasional sebelumnya. Tercatat sejumlah atlet muda yang tercatat sebagai debutan tampil cemerlang dan mendonasikan medali untuk tim Merah putih.

Liputan6.com, Jakarta - Ajang dua tahunan SEA Games 2023 di Kamboja tidak hanya menjadi milik atlet senior yang sudah malang melintang di sejumah event internasional sebelumnya. Tercatat sejumlah atlet muda yang tercatat sebagai debutan tampil cemerlang dan mendonasikan medali untuk tim Merah Putih.

Siapa mereka? berikut deretan atleh muda debutan yang tampil glowing di SEA Games 2023 Kamboja:

1. Rashif Amila Yaqin

Rashif Amila Yaqin mempersembahkan emas dan perak untuk Indonesia dalam penampilan perdananya di SEA Games 2023 pada cabang olahraga triatlon.

Bahkan atlet asal Jawa Barat itu tercatat sebagai penyumbang emas pertama dalam pekan olahraga se-ASEAN edisi ke-32 tersebut setelah menjadi yang terbaik pada nomor aquatlon putra.

Ami, sapaan Rashif Amila Yaqin, mencatatkan total waktu 14 menit 28 detik, mengalahkan pesaing terdekatnya asal Filipina Andrew Kim Abay Remolino di posisi kedua dengan membukukan 15 menit 07 detik. Lalu perunggu menjadi milik Brice Sheng Cher Chong dengan 15 menit 39 detik.

Tak hanya emas, dia juga berhasil meraih perak pada nomor triatlon putra usai membukukan 58 menit 45 detik. Dia berada di belakang atlet Filipina Fernando Jose Tan Casares yang meraih emas dengan 58 menit 32 detik. Perunggu juga diraih wakil Filipina Andrew Kim Abay Remolino dengan 59,53 menit.

2. Dara Latifah dan Feri Yudhoyono.

Cabang olahraga balap sepeda menempatkan dua nama yang kali pertama dan berhasil menyumbang medali untuk Kontingen Indonesia. Mereka adalah Dara Latifah dan Feri Yudhoyono.

Dara menjadi yang terbaik di nomor Cross Country Eliminator (XCE) putri. Dara mengawali lomba di heat 2 bersama Nur Assyira Zainal Abidin asal Malaysia dan pebalap Indonesia lainnya Sayu Bella Sukma Dewi.

Pada fase ini, dia menjadi yang terbaik, sedangkan Sayu Bela tersingkir usai gagal finis dalam lomba dua lap dengan jarak trek masing-masing 500 meter.

Kemudian melaju ke semifinal dan berhasil menempati posisi kedua di bawah pebalap asal Thailand Warinthorn Phetpraphan. Dua pesaing lainnya Nur Assyira dan Thi Soan Quang dari Vietnam tersingkir.

Penampilan Dara makin Impresif pada final yang diikuti empat pebalap. Dia terdepan mengalahkan Ariana The Patrice Evangelista asal Filipina yang harus puas dengan perak dan Warinthorn Phetpraphan pulang dengan perunggu. Posisi keempat di tempati wakil Thailand Vivapee Deekaballes.

Sementara, Feri menyumbang emas pada nomor Cross Country Olympic (XCO) putra usai mencacatkan waktu 1 jam 13,51 menit. Kemudian Zaenal Fanani yang merupakan kakak dari Feri berada di belakangnya mengemas perak terpaut 18 detik.

Ihza Muhammad menyempurnakan kemenangan Indonesia dengan finis di posisi ketiga, terpaut 1 menit 15 detik dari pemenang lomba.

Meski begitu, Ihza harus merelakan perunggu ke pebalap asal Kamboja Khim Menglong yang finis di posisi keempat. Sebab, sesuai aturan SEA Games Federation (SEAGF) dalam perlombaan l, satu negara tidak boleh menyapu bersih medali.

Dara dan Feri juga meraih emas saat tampil bersama Sayu Bella Sukma Dewi, Zaenal Fanani, dan Feri Yudoyono di Mixed Cross Country Relay.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cabor Renang

3. Felix Viktor Iberle

Dari cabang renang, ada nama Felix Viktor Iberle yang turun pada nomor 50 meter gaya dada putra dengan catatan waktu 27,70 detik.

Felix juga memecahkan rekor SEA Games pada sesi kualifikasi dengan 27,56 detik mengeser catatan waktu Chien Yin Lionel Kho asal Singapura dengan 28,15 detik ketika berlaga pada SEA Games XXX/2019 di Filipina.

4. Rikki Marthin Luther Simbolon

Atletik punya Rikki Marthin Luther Simbolon yang debut manis pada nomor 10.000 meter putra. Dia menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 31 menit 08,85 detik.

Perak menjadi milik Guillaume Soh yang finis dengan catatan waktu 31 menit 10,70 detik. Lalu wakil Vietnam Than Htike Soe di tempat ketiga dengan 31 menit 25,55 detik.

5. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati

6. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.