Sukses

Proyek Pembangunan Monumen Reog Raksasa di Ponorogo Dimulai, Ditargetkan Tuntas 2024

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara resmi telah mengawali pembangunan dengan peletakan batu pertama di titik lokasi pendirian monumen yang diproyeksikan memiliki ketinggian 126 meter tersebut.

 

Liputan6.com, Ponorogo - Pembangunan Monumen Reog Ponorogo (MRP) di areal bekas tambang batu gamping Desa Sampung, Kecamatan Sampung, sebentar lagi akan terwujud.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara resmi telah mengawali pembangunan dengan peletakan batu pertama di titik lokasi pendirian monumen reog yang diproyeksikan memiliki ketinggian 126 meter tersebut.

Proyek monumental di Kota Reog rencananya dibangun secara tahun jamak atau diperkirakan selesai hingga 2024 dengan proyeksi anggaran sebesar Rp85 miliar.

"Mohon doanya semua karena ini butuh investasi cukup besar," kata Khofifah, Minggu (12/3/2023), dikutip dari Antara.

Pemprov Jatim sendiri turut membantu pembangunan monumen sebesar Rp30 miliar. Kekurangan anggaran selebihnya akan diupayakan menggunakan kekuatan daerah maupun dengan kemungkinan melibatkan investor atau swasta.

"Proyek ini masuk dalam kategori percepatan pengembangan sektor wisata Jawa Timur bersama Proyek Selingkar Wilis dan JLS (Jalur Lingkar Selatan)," kata Khofifah.

Khofifah menyarankan agar Pemkab Ponorogo mengajukan program pembangunan MRP dalam Peraturan Presiden (Pepres) Nomor 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Gerbang Kertasusila, BTS, dan Lingkar Selatan.

"Pak Bupati harus menyampaikan presentasi secara keseluruhan ke Pak Bappenas dan ke Pak Menko Perekonomian Untuk di-'insert' di dalam Perpres Nomor 80 Tahun 2019," ujarnya.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya Jawa Timur I Nyoman Gunadi menambahkan Kontrak pembangunan selama tiga tahun, mulai 15 Desember 2022 dan selesai pada 4 Desember 2024 yang lelangnya dimenangkan PT Widya Satria Surabaya.

"Pembangunan ini hanya struktur 14 lantai dan monumen sampai selesai, hanya sebatas itu," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Buka Pariwisata Ponorogo

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menyebut proyek ini membuka gerbang pariwisata Bumi Reog dari barat daya di mana nantinya akan terintegrasi dengan wisata Sarangan di Kabupaten Magetan.

Ia berrterima kasih kepada seluruh masyarakat Sampung, khususnya para eks pekerja tambang batu kapur yang telah mau bekerja sama dalam mewujudkan pembangunan MRP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.